HUT ke 77 Dharma Karya Dihka

Jajaran Imigrasi dan Rutan Maumere Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ilegetang Maumere

Jajaran Imigrasi dan Rutan Maumere Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ilegetang Maumere. Hal itu dilakukan dalam rangka HUT HDKD ke 77 di Indonesia.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES. COM/HO-RUTAN
ZIARAH- Pimpinan dan Staf Rutan Maumere pose bersama usai Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Iligetang, Maumere dalam rangka HDKD Ke-77 jajaran Kantor Imigrasi dan Rutan Maumere, Jumat, 12 Agustus 2022 sore. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dan Rutan Kelas II B Maumere dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone mengelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ilegetang, Maumere.

Kegiatan ini digelar serentak oleh seluruh Satuan Kerja Kementerian Hukum dan HAM pada Jumat, 12 Agustus 2022 sore berpakaian dinas lengkap dalam rangkaian jelang Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke- 77.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Maumere, Antonius Semuki, A.Md. I.P, S.H berdiri di bagian depan memimpin langsung ziarah dan tabur bungga di TMP Ilegetang beserta Pejabat Struktural Kantor Imigrasi, Rutan Maumere beserta staf dan Dharma wanita Rutan Maumere.

Suasana sore yang tenang di atas ketinggian Kota Maumere ini, peserta mengawali upacara dengan memberikan penghormatan kepada para pahlawan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Sabtu 13 Agustus 2022 di Pulau Flores

 

Selanjutnya, semua peserta diajak mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Komandan Upacara, Hendy D Kurniawan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia Khususnya para Pahlawan Kabupaten Sikka.

Di ujung upacara, ada peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di makam pahlawan oleh Kepala Seksi Lalilantalkim Mewakili Kepala Kantor Imigrasi mendampingi Karutan Antonius sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan diikuti oleh peserta lainnya.
Upacara sakral tabur bunga di makam pahlawan ini berlangsung dengan hikmat.

"Jika dulu pahlawan identik dengan perjuangan melawan penjajah, Di era masa kini makna pahlawan bisa dipahami dari berbagai perspektif. Pahlawan bangsa tersebut merupakan sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi tinggi dalam berbagai bidang, dari bidang pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan lain-lain, terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia , Semoga kita bisa teruskan perjuangan mereka,” kata Karutan Antonius saat ziarah dan tabur di TMP Ilegerang.

Baca juga: Kadis P2KBP3A Flotim Minta Remaja Jangan Menikah di Bawah Usia 21 Tahun

Ia menjelaskan, makna dari semua acara ini sebagai upaya untuk terus menggenang jasa para pahlawan dan dapat mengilhami nilai-nilai kepahlawanan, pantang menyerah dan cinta kepada tanah air.

Berita HDKD lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved