HUT ke 77 RI

Mbolang Group Talibura Sikka Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Lewotobi Flotim

Mbolang Group Talibura Sikka Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Lewotobi Flotim.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ ARNOLD WELIANTO
KIBARKAN BENDERA - Komunitas pencinta alam bersama Anggota Koramil 1603-02 Talibura yang tergabung dalam Mbolang Group Talibura mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Lewotobi, Kabupaten Flores Timur, Selasa, 16 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Arnold Welianto

TEIBUNFLORES.COM,MAUMERE- Sejumlah anggota komunitas pencinta alam bersama Anggota Koramil 1603-02 Talibura yang tergabung dalam Mbolang Group Talibura di Kabupaten Sikka merayakan HUT ke-77 RI.

Mereka merayakan dengan cara berbeda yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Lewotobi, Kabupaten Flores Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa, 16 Agustus 2022.

Mereka yang berjumlah puluhan orang tersebut berangkat dari Kota Maumere menuju puncak Gunung Lewotobi pukul 08.30 Wita. Tiba di puncak Lewotobi pukul 16.00.

Yohanes Mariantho Tanjung, koordinator Mbolang Group wilayah Talibura mengungkapkan beberapa komunitas Pencinta Alam memanfaatkan momentum HUT ke-77 RI dengan mengibarkan bendera di puncak Gunung Lewotobi.

Baca juga: Semarak HUT ke 77 RI, Siswa di Pulau Kojadoi Gelar Karnaval Budaya Keliling Kampung Wisata Kojadoi

 

Aksi mengibarkan bendera di puncak Gunung Lewotobi dilakukan sebagai simbol apresiasi terhadap jasa para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.

"Kemarin itu kami pakai momentum memperingati HUT RI di puncak Gunung Lewotobi. Dalam perjalanan menuju puncak, kami tetap memberi nuansa pariwisata dengan napak tilas bagaimana para pahlawan memperjuangkan untuk memerdekaan republik ini. Jadi kami coba aplikasikan dengan cara sesuai ruang profesi ini. Kami mengapresiasi jasa para pahlawan dengan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi 1.703 mdpl. Meski cara kami tidak sebanding dengan perjuangan para pendahulu kita," ungkap Yohanes Mariantho Tanjung kepada Tribunflores.com, Selasa, 16 Agustus 2022 malan.

Ia menambahkan, seperti biasanya komunitas mereka tetap dengan konsep wisata edukasi. Sehingga, dalam perjalanan menuju puncak mereka menikmati keindahan alam sambil pungut sampah.

Baca juga: Semarak 17 Agustus SMA Frateran Katolik Maumere Gelar Pensi Tarian Tradisional

Sementara itu, salah satu komunitas Mbolang Group Talibura, Mikael Dedi Sancaka mengatakan pengibaran bendera di atas puncak Gunung Lewotobi tersebut sebagai bentuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

"Ini sebagai bentuk perjuangan kita, dulu para pahlawan susah payah untuk perjuangkan Indonesia melawan penjajah, maka kita kibarkan bendera dengan segala rintangan yang luar biasa extream kita tetap semangat," ujarnya.

Berita HUT RI lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved