Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini, 100 Persen Warga Dunia dan 100 Persen Warga Surga

Renungan Harian Katolik Hari Ini, 100 Persen Warga Dunia dan 100 Persen Warga Surga. Baca renungan Katolik hari ini.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak renungan harian Katolik hari ini, Rabu 17 Agustus 2022.

Renungan harian Katolik hari ini dibawakan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk.

Judul Renungan Harian Katolik hari ini dengan tema 100 persen Warga Dunia, dan 100 persen Warga Surga.

SEMANGAT PAGI, pada hari ini segenap bangsa Indonesia, merayakan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Membayar Pajak Kepada Kaisar (Mat. 22: 15 - 21).

Baca juga: Mbolang Group Talibura Sikka Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Lewotobi Flotim

 

Ada konspirasi antara orang orang Farisi dan para muridnya serta para pendukung Herodes untuk menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan tentang boleh atau tidak membayar pajak kepada Kaisar? Dan Yesus tahu motif kejahatan hati mereka dengan pertanyaan yang menjebak untuk menjerat Yesus.

Namun, mereka sangat buta hati dan buta pikiran, sehingga mereka tidak mengenal siapa Yesus itu. Dan sebagaimana biasa, ketika ada yang mencoba Yesus dengan pertanyaan, maka Dia balik bertanya, seperti dalam bacaan Injil hari ini. Pertanyaan dijawab dengan pertanyaan. Ketika mereka bertanya " bolehkah membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?".

Yesus tidak menjawab boleh atau tidak? Melainkan Yesus meminta mereka untuk menunjukkan kepada Yesus mata uang untuk pajak itu. Dan mereka membawa satu Dinar kepada Yesus. Lalu Yesus balik bertanya kepada mereka " gambar dan tulisan siapakah ini?". Jawab mereka: gambar dan tulisan Kaisar.

Lalu Yesus berkata kepada mereka " berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah". Jawaban Yesus sangat bijaksana. Dan jawaban itu masih sangat relevan hingga saat ini.

Bahwa kita hidup di dunia ini, oleh karena itu, kita adalah warga dunia yang memiliki hak dan kewajiban sebagai warga dunia.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Rabu 17 Agustus 2022, Hari Raya Kemerdekaan RI

Namun, kita juga jangan lupa bahwa kita adalah warga surga. Terkait dengan Injil hari ini, saya teringat akan kata-kata Mgr. Soegijapranata juga, yakni: 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia.

Atau juga slogan pemuda Katolik: " pro Ecclesia Et patria, pro Bono Publico", yang artinya demi gereja dan bangsa, kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Maka, mari jadilah warga dunia yang baik dan benar 100 persen; Dan juga sekaligus warga surga yang baik dan benar 100 persen. Semoga demikian.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved