Breaking News:

Berita Ende

Merah Putih Berkibar di Puncak Danau Kelimutu Mengenang Tempat Semedi Bung Karno

DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Ende,Sikka dan Nagekeo mengibarkan 77 bendera merah putih di Puncak Danau Kelimutu,17/8/2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para pengurus DPC PDIP Ende, Sikka, Ngada dan Nagekeo mengibarkan bendera merah putih di Puncak Danau Kelimutu, Rabu 17 Agustus 2022 pada puncak perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.  

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM,ENDE-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Ende, Sikka dan Nagekeo mengibarkan 77 bendera merah putih di Puncak Danau Kelimutu, Rabu 17 Agustus 2022.

Para pengurus DPC PDIP  mengenakan baju merah berlambang benteng mengibarkan 77 bendera merah putih persis di atas tugu Puncak Danau Kelimutu yang merupakan salah satu destinasi unggulan Kabupaten Ende.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Ende, Vinsensius Sangu mengatakan pemilihan puncak Danau Kelimutu sebagai tempat untuk dilaksanakannya perayaan HUT RI ke-77 karena alasan ideologis.

Menurutnya, sebagai partai nasionalis, partai pelopor,dan partai kader, PDIP Ende ingin menunjukan kepada dunia bahawa Ende sebagai rahimnya Pancasila, sehingga pelaksanaan perayaan tidak hanya dilakukan di tempat-tempat biasa pada umumnya, namun juga dilakukan di tempat-tempat yang memiliki nilai historis.

Baca juga: Bocah Asal Ende Meninggal di RSUD Maumere Akibat Gigitan Anjing Rabies

Selain itu, ungkap Vinsen, Danau Kelimutu sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia merupakan bagian dari sejarah perjalanan bangsa. Pada  tahun 1934-1938, ketika Soekarno dibuang ke Ende, ia selalu datang untuk bersemedi di danau tiga warna tersebut.

"Ini fakta sejarah yang belum terungkap. Dari penelusuran itu, Bung Karno membentuk satu grup sandiwara bernama Tonil Kelimutu. Melalui tonil ini, Bung Karno mendidik masyarakat melalui drama tentang nasionalis, tentang kebersamaan, dan tentang keberagaman yang dipentaskan di Gedung Imakulata milik gereja Katolik Ende," ungkapnya.

Mantan Ketua GMNI Ende mengatakan,  PDIP Ende yang dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pendidikan kader pratama oleh DPD PDIP NTT menggelar kegiatan perayaan HUT kemerdekaan RI di Puncak Danau Kelimutu.

"Kemudian karena Danau Kelimutu merupakan satu-satunya destinasi wisata yang ada di dunia, sehingga dengan kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk menikmati alam nan indah yang dimiliki Kabupaten Ende ini," ungkapnya.

Baca juga: Hengkang dari Ende, UP3 FBB Optimalisasi Layanan Listrik KSPN Labuan Bajo

Anggota DPRD Kabupaten Ende, Sabri Indradewa mengatakan pengibaran sebanyak 77 bendera merah putih di Puncak Danau Kelimutu karena sesuai dengan perayaan HUT RI yang ke-77 tahun. Ia berharap supaya kedepannya, cita-cita kehidupan adil dan makmur dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh aspek kehidupan.

"Kita juga menaruh harapan besar kepada Presiden Jokowi supaya 80-90 persen kehidupan adik dan makmur mendekati kenyataan," pungkasnya. 

Berita Ende lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved