Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini, Kerendahan Hati Adalah Kunci Wujudkan Hukum Kasih

Renungan Harian Katolik Hari Ini, Kerendahan Hati Adalah Kunci Wujudkan Hukum Kasih. Baca Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 19 Agustus 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak Renungan Harian Katolik Hari Ini, Jumat 19 Agustus 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini, Jumat 19 Agustus 2022.
yaitu Kerendahan Hati Adalah Kunci Wujudkan Hukum Kasih

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Hukum Yang Terutama (Mat. 22: 34 - 40). Seorang ahli Taurat dari kalangan Farisi hendak mencobai Yesus, atau bisa jadi memang mereka tidak paham tentang hukum yang terbesar dalam hukum Taurat.

Dia bertanya " Guru, hukum manakah yang terbesar dalam hukum Taurat?". Dan Yesus menjawab: " kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang utama dan pertama".

Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 19 Agustus 2022, Hukum Cinta Kasih

 

Dan hukum yang kedua yang sama dengan itu ialah: " kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri". Hukum KASIH sesungguhnya adalah penyempurnaan dari hukum Taurat, teristimewa 10 hukum Taurat atau 10 perintah Allah yang diterima oleh Musa.

Jadi, kalau diringkas hukum KASIH ialah KASIH kepada Tuhan dan KASIH kepada sesama manusia. Dan KASIH kepada Tuhan diwujudkan lewat KASIH kepada sesama. Jika kita mengatakan kita mengasihi Tuhan, namun kita membenci sesama, atau mengasihi Tuhan, namun sulit mengampuni atau memaafkan sesama yang bersalah kepada kita, maka kita adalah seorang pendusta.

Mengapa demikian? Sebab bagaimana mungkin kita mengasihi Tuhan yang tidak kita lihat, namun kita membenci sesama yang adalah citra Allah yang kelihatan, yang nyata? Bahwa ciri atau tanda kita mengasihi Tuhan adalah ketika kita mengasihi sesama, ketika kita mengampuni atau memaafkan sesama yang bersalah kepada kita.

Atau sebaliknya ketika kita berani meminta maaf ketika kita, entah sengaja atau tidak menyinggung, atau menyakiti perasaan, hati orang lain.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 18 Agustus 2022, Kenakanlah Pakaian yang Pantas

Dengan demikian, jika kita tidak bisa memaafkan atau kita tidak berani meminta maaf kepada sesama atas kesalahan yang sesama atau yang kita buat, maka kita belum mengasihi Tuhan. Memang hukum KASIH mudah untuk diucapkan, tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan.

Namun jika kita rendah hati, maka kita bisa melakukannya. Jadi, kuncinya adalah kerendahan hati. Maka, mari kita wujudkan kasih kepada Tuhan dengan mengasihi sesama lewat tindakan atau perbuatan yang nyata, yakni dengan mengampuni, memaafkan dan atau meminta maaf, dengan hidup berdampingan, berdamai, dengan sesama yang berbeda suku, agama dan budaya yang dilandasi oleh sikap kerendahan hati. Semoga demikian.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved