Wisata Flores

Jaga Kebersihan Wisata Flores, Polisi di Labuan Bajo Pungut Sampah di Pulau Kelor Manggarai Barat

Jaga Kebersihan Wisata Flores, Polisi di Labuan Bajo Pungut Sampah di Pulau Kelor Manggarai Barat. Polisi membersihkan sampah di Pulau Kelor NTT.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-IMANUEL DETAQ
BERSIHKAN SAMPAH - Suasana aksi sosial membersihkan sampah di Pulau Kelor, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis 18 Agustus 2022. Mereka mengajak untuk menjaga kebersihan wisata di Pulau Flores, NTT. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO - Memperingati HUT ke 77 RI tahun 2022, sejumlah polisi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), membersihkan sampah di area bukit Pulau Kelor pada Kamis 18 Agustus 2022.

Mengenakan seragam polisi PDH, gabungan polisi umum dan Brimob angkatan 2013 atau biasa dikatakan 4238 Polda NTT memungut sampah yang berserakan di pantai, hingga di area bukit Pulau Kelor.

Setiap sampah yang ditemukan dikumpulkan di dalam kantong plastik untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara di Labuan Bajo.

Aksi sosial bertema "Labuan Bajo Bersih Untuk Kita Semua" itu bertujuan untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya kebersihan di Kabupaten Manggarai Barat, lebih khusus di destinasi wisata di Labuan Bajo.

Baca juga: Nikmati Wisata Flores, Bule Perancis Belajar Menenun di Kampung Ngegedhawe Nagekeo

 

"Kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan dan mengajarkan masyarakat maupun wisatawan untuk bersih sampah dan turut melestarikan dan mendukung pariwisata Labuan Bajo yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dengan label pariwisata super premium," kata Koordinator Kegiatan Bersih Sampah, Briptu Imanuel Detaq diamini sejumlah rekannya.

Menurut Briptu Imanuel Detaq yang bertugas di Satlantas Polres Mabar itu mayoritas sampah yang ditemukan adalah sampah tisu dan sampah plastik.

Baca juga: Menjelajahi Pantai Pasir Putih Doreng di Sikka, Tempat Wisata Flores yang Wajib Dikunjungi

Pihaknya berharap, aksi sosial yang dilakukan dapat memantik kesadaran elemen masyarakat lainnya untuk melakukan hal serupa, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Jika kebersihan terjaga, maka kesehatan masyarakat semakin meningkat dan tentunya destinasi wisata di Labuan Bajo yang telah mendunia semakin digandrungi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara," katanya.

Selain aksi pungut sampah, belasan anggota kepolisian itu juga mengibarkan bendera merah putih di kapal pinisi yang ditumpangi untuk melakukan kegiatan sosial. (*)

Berita Wisata Flores lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved