Berita Lembata

Kasus Kapal Pnisi Lembata,Kejari Periksa 25 Saksi dan Tunggu Perhitungan Kerugian Negara

Penyidik Kejaksaan Negeri Lembata telah memeriksa 25 orang saksi dugaan tindak pidana korupsi pengadaan kapal pinisi ‘Aku Lembata.’

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/EUGENIUS MOA
Kapal pinisi Aku Lembata ditambatkan di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata. Gambar diambil tanggal 22 Juli 2022 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA-Penyidik Kejaksaan Negeri Lembata telah memeriksa 25 orang saksi dugaan tindak pidana korupsi pengadaan kapal pinisi ‘Aku Lembata.’

Pengadaan kapal pada 2019 oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perhubungan Kabupaten Lembata, telah disita oleh penyidik kejaksaan sebagai barang bukti.

Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Lembata, Teddy Valentino, mengungkapkan penanganan perkara kapal pinisi 'Aku Lembata' ini sudah dalam tahap penyidikan sejak April 2022. 

Selain pengumpulan alat-alat bukti, penyidik juga telah memeriksa sebanyak 25 saksi di antaranya panitia pengadaan, konsultan perencana, konsultan pengawas, penyedia, PPK, KPA, PPHP dan pihak lain yang terkait.

Baca juga: Dua Pemuda Lembata Tewas Kecelakaan Lalu Lintas

"Penyidik telah menyita secara sah dokumen. Sebagai alat bukti surat, telah melakukan permintaan keterangan ahli Kemendes RI, ahli mesin dan listrik dari Politeknik Negeri Kupang, ahli Kehutanan (kayu) dari Denpasar Bali, Ahli Pengadaan Barang dan Jasa ( PBJ)," ungkap Teddy Valentino, Minggu, 28 Agustus 2022.

Menurutnya, saat ini penyidik sedang intensif bekerja pada tahap perhitungan kerugian keuangan negara dari auditor akuntan publik. 

Kapal pesiar 'Aku Lembata' jenis Pinisi milik Pemerintah Kabupaten Lembata disita Kejaksaan Negeri Lembata, Kamis, 21 April 2022 silam.  Penyitaan barang bukti ini dipimpin langsung Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Arianto, SH, MH dibantu 12 orang penyidik Kejari Lembata.

Berita Lembata lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved