Berita Lembata

Izin Tambang Galian C di Lembata Perlu Diperbaharui

Koordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi NTT,Fransiskus Samon mengatakan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Galian C butuh diperbaharui.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/RICKO WAWO
Peserta sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di Ballroom Olimpic Resto, Lewoleba, pada Senin, 29 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM,LEWOLEBA-Koordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi NTT, Fransiskus Samon mengatakan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Galian C butuh diperbaharui.

Hal ini disampaikan oleh Fransiskus di sela-sela Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di Ballroom Olimpic Resto, Lewoleba, Senin, 29 Agustus 2022.

Fransiskus menjelaskan sampai saat ini ada pelaku usaha di Lembata yang memiliki izin usaha pertambangan galian C butuh diperbaharui.

"Sedangkan bagi teman-teman pelaku usaha yang belum memiliki izin galian C maka kita dorong untuk kenyamanan berusaha, sebab izin ini yang memberikan legalitas kepada kita dan kemudahan kepada kita untuk berusaha,” ungkapnya.

Baca juga: DPRD Lembata Dorong Pemda Selidiki Mafia BBM

Untuk yang tidak memiliki izin maka akan kesulitan kedepannya karena akan mengalami kendala di proses pengadaan barang dan jasa.

Dia berkata, untuk mendapatkan izin usaha pertambangan maka harus memperhatikan syarat yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku.

“Meskipun aktivitas itu ada di lahan tapi kalau dia bersinggungan dengan lingkungan apakah ada SPPL jika bersiko rendah atau beresiko menengah semacam adanya UPL/UKL dan Amdal jika berisiko tinggi,” tegas Fransiskus.

Untuk diketahui, sejak revisi UU Minerba pasca UU Cipta Kerja, kewenangan pemberian izin usaha pertambangan sempat ditarik ke pemerintah pusat. Namun dengan keluarnya Perpres 55 Tahun 2022, khusus galian C didelegasikan kepada pemerintah provinsi. 

Berita Lembata lainnya 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved