Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 1 September 2022, Duc In Altum

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 1 September 2022 yaitu Duc In Altum Duc In Altum. Baca Renungan Katolik Hari Ini.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 1 September 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 1 September 2022 yaitu Duc In Altum Duc In Altum.

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Penjala Ikan Menjadi Penjala Manusia (Luk. 5: 1 - 11). Secara sepintas, perikop Injil hari ini mengisahkan tentang panggilan Simon Petrus dan dan teman temannya yang seprofesi, yakni Yakobus dan Yohanes, anak anak Zebedeus.

Sebab pada akhirnya, mereka diubah oleh Yesus dari penjala ikan menjadi penjala manusia, dengan menjadi murid Yesus.

Dan bersama dengan Yesus, mereka telah banyak "menangkap" banyak orang untuk percaya kepada Yesus. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik dan daya pikat Yesus, yang sangat kuat, sehingga dimana saja Dia berada pasti selalu banyak orang yang ingin mendengar pengajaran Nya.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Kamis 1 September 2022, Renungan Harian Katolik dan Mazmur Tanggapan

 

Adalah di pantai danau Genesaret, orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan sabda Allah. Dia melihat dua buah perahu. Yang menarik adalah dari dua perahu itu, Dia naik ke dalam salah satu perahu, dan ternyata perahu itu adalah perahu Simon. Dan dari atas perahu Simon, Dia mengajar orang banyak.

Itu artinya Simon sangat dekat sekali mendengarkan pengajaran Yesus, sebab Simon ada disamping Yesus. Dan sesungguhnya saat Yesus memilih dan masuk ke dalam perahu Simon, maka sejak saat itu pula Simon dipilih oleh Yesus untuk menjadi salah satu murid Nya.

Dan yang lebih menarik lagi adalah perintah Yesus kepada Simon: " bertolaklah ke tempat yang dalam" atau " Duc In Altum", dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan. Lalu, apa reaksi Simon, " Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa apa".

Baca juga: Bulan Kitab Suci Nasional, Siswa SMPK Frater Maumere Bawa Kitab dari Agama Masing-masing

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved