Berita Flores Timur

SMK Negeri I Wulanggitang di Flores Timur Gelar Ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Asesmen Nasional berbasis Komputer atau ANBK 2022 merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO- SMKN 1 WULANGGITANG
UJIAN - Suasana pelaksanaan ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SMKN 1 Wulanggitang Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Pada 31 Agustus 2022 kemarin. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Wulanggitang Boru di Flores Timur, melaksanaan Ujian Asesmen Nasional berbasis Komputer (ANBK) angkatan ke empat 2022/2023.

Ujian ANBK untuk angkatan ke empat 2022/2023 tersebut berlangsung di gedung sekolah SMKN 1 Wulanggitang yang terletak di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu 31 Agustus 2022 kemarin.


Perlu diketahui, Asesmen Nasional berbasis Komputer atau ANBK 2022 merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

"Sedangkan Asesmen Nasional sendiri adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan," kata Arkas Aran, salah seorang guru di SMKN 1 Wulanggitang Boru, mengutip laman resmi ANBK Kemendikbud https://anbk.kemendikbud.id/, Rabu 31 Agustus 2022.

Baca juga: Kisah Anggota DPRD Sikka dari Marketing hingga Terjun ke Dunia Politik

 

Lanjutnya, Melansir dari Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI), dijelaskan proses pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online. Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Dan dalam ANBK, proses penilaian tidak sembarangan dilakukan," tegasnya.

Ada tiga instrument penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evaluasi pemerintah sebagai bagian dari evaluasi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved