Gubernur NTT Kunjungi Flores

Gubernur NTT Dorong Pemberdayaan, Minta Kades Alokasikan BLT Sesuai Kondisi, Siap Lahan Tanam Sorgum

"Bila kita sukses di Flores ini maka daerah yang lain juga mengikuti yang sudah kita kerjakan disini sebagai contoh," jelasnya.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/PAULUS KEBELEN
SAMBUTAN- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan dalam kegiatan GPNIP di Aula Lantai Tiga Kantor Bupati Sikka, Minggu 11 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paulus Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja di daratan Flores sekaligus menghadiri kegiatan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Kegiatan yang masuk dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) itu melibatkan para bupati sedaratan Pulau Flores, Lembata, dan Alor bertempat di Aula Lantai Tiga Kantor Bupati Sikka, Minggu 11 September 2022.

Selain kepala daerah tingkat kabupaten, hadir juga para camat, lurah, kepala desa, dan penyuluh pertanian.

Mereka dilibatkan untuk saling berkordinasi soal pemberdayaan pertanian mengatasi inflasi daerah.

Baca juga: LIVE STREAMING: Bintang Timur vs Perserond Rote Ndao El Tari Memorial Cup 2022 di Lembata

 

Saat memberikan sambutan, Gubernur Viktor meminta semua kepala desa agar memanfaatkan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dengan program pertanian, peternakan, perikanan, dan sektor lainnya.

"Anggaran dana desa itu harus digunakan sebaik mungkin untuk pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa," katanya.

Ia mengatakan, fokus pemberdayaan untuk menekan angka kemiskinan harus maksimal, bukan mengacu pada besaran alokasi 40 persen dana desa untuk bantuan langsung tunai (BLT).

"Kepala desa harus melihat dengan baik bahwa ketentuan besaran alokasi 40 persen dana desa untuk bantuan langsung tunai itu sesuaikan dengan keadaan masyarakat yang ada. Bila masyarakat penerima BLT tidak mencapai 40 persen, maka dana tersebut bisa dialihkan untuk hal lain seperti pemeberdayaan program pertanian atau peternakan di desa," ujar Gubernur Viktor.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved