Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini Rabu 21 September 2022, Menjadi Murid Yesus

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah Murid Yesus, Berarti Siap dan Mau Menerima Sesama apa Adanya.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah Murid Yesus, Berarti Siap dan Mau Menerima Sesama apa Adanya. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Mari simak Renungan Harian Katolik Hari Ini Rabu 21 September 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah Murid Yesus, Berarti Siap dan Mau Menerima Sesama apa Adanya.

Renungan Harian Katolik Hari Ini dibawakan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

Baca juga: BREAKING NEWS: Polisi Tangkap Siswi SMK di Maumere, Diduga Pelaku Pembuangan Jasad Bayi

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini gereja katolik sejagat merayakan Pesta Santo Matius, Rasul dan Penulis Injil. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Matius Pemungut Cukai Mengikut Yesus (Mat. 9: 9 - 13).

Matius merupakan salah satu dari Rasul Yesus. Nama Matius memiliki arti hadiah dari Tuhan. Matius memiliki nama lain, yakni Lewi (Mrk. 2: 13 - 17 & Luk. 5: 27 - 32). Matius adalah seorang pemungut cukai. Dimata orang Yahudi, pemungut cukai termasuk orang berdosa.

Namun, lihatlah justeru Yesus memilih para pembantu Nya adalah orang yang dianggap berdosa dan orang orang yang sederhana, orang orang yang bersahaja, dan orang orang kecil. Dan mereka itu ialah para nelayan, para pemungut cukai.

Selain sebagai rasul yang dipanggil khusus oleh Yesus, kebanyakan para murid dan pengikut Yesus adalah orang orang kecil, sederhana dan bersahaja, orang orang berdosa, orang orang sakit, dan orang orang yang menderita berbagai penyakit dan orang orang yang kerasukan setan. Tetapi lihatlah, justeru Yesus mendapat tempat di hati mereka; Juga Yesus diterima, diakui dan dipercayai sebagai Allah yang menjelma menjadi Manusia.

Dan perlu digarisbawahi adalah bahwa mereka mereka inilah yang sesungguhnya selalu setia mengikuti dan mendengarkan pengajaran Yesus.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Selasa 20 September 2022, Layakkah Disebut Saudara-Saudari Yesus

Oleh karena itu, Yesus berkata: " Aku bersyukur kepada Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil" (Mat. 11: 25).

Dan oleh karena Yesus mendapat tempat di mereka, diterima, diakui dan dipercayai sebagai Allah yang menjelma menjadi Manusia, maka mereka akan memperoleh keselamatan hidup yang kekal. Yesus berkata: " Yang Ku kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa".

Ucapan Yesus ini, sesungguhnya adalah sebuah kritikan untuk orang orang Farisi, dan ahli ahli Taurat yang merasa dirinya bijak dan pandai, merasa suci, saleh, padahal hidup mereka jauh lebih jahat, lebih buruk dari pemungut cukai. Dan mereka juga adalah orang berdosa, yang sesungguhnya butuh pertobatan.

Bagaimana dengan kita? Kita adalah murid dan pengikut Yesus, ketika Yesus mendapat tempat di hati kita, kita terima, kita Akui dan percayai sebagai Allah yang menjelma menjadi Manusia. Namun, tidak berhenti sampai di situ, melainkan juga kita wujudkan dalam hidup, dalam sikap, dan dalam perbuatan baik kita. Semoga demikian.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved