Berita Sikka

Ikrar Sumpah Pemuda, Unipa Maumere Ikrar Lawan Berita Hoax dan Radikalisme

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94,Jumat 28 Oktober 2022 dilaksanakan dengan cara yang berbeda oleh civitas akademika Unipa Maumere.

Editor: Egy Moa
ISTIMEWA
Mahasiswa Universitas Nusa Nipa (Unipa) merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan berziarah ke Patung Bunda Maria Segala Bangsa Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Jumat 28 Oktober 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat 28 Oktober 2022 dilaksanakan dengan cara yang  agak berbeda dari kebanyakaan yang melakukan apel bendera.

Civitas akademika Universitas Nusa Nipa Maumere, Kabupaten Sikka mengenang perayaan itu berziarah ke taman wisata rohani Patung Bunda Maria Segala Bangsa Nilo di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Jumat 28 Oktober 2022.

Bila para Pemuda 94 tahun silam mengikrarkan Negara, Bangsa dan Bahasa yang satu Indonesia,maka para dosen bersama mahasiswa dari masing-masing Program Studi (Prodi) di Unipa  mengkrarkan tekadnya melawan maraknya berita bohong (hoax) dan radikalisme.

Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.,Si,mengajak civitas akademika menangkis berita hoaks dengan gerakan literasi. Ia mengingatkan mahasiswa menghindari pengaruh ideologi sesat.

Baca juga: RA Plus Rabbani Maumere Giatkan Hari Sabtu Bersama Ayah

"Wajib hukumnya menjauhkan diri dari pengaruh ideologi sesat, sehingga kita tidak terbawa arus sampai lupa diri. Kita wajib menangkis informasi yang merongrong ideologi Pancasila," katanya melalui keterangan tertulis, diterima Sabtu 29 Oktober 2022.

Menurut dia, ikrar Sumpah Pemuda bisa dilakukan dengan cara sederhana tetapi bernilai, salah satunya melalui doa memohon perdamaian atas berbagai kejadian yang mengancam persatuan masyarakat.

"Upaya perdamaian dunia paling kurang dengan cara sederhana, seperti yang kita lakukan di Nilo tempat arca Maria Bunda Segala Bangsa ditahtakan," ungkapnya.

Selanjutnya, ikrar Sumpah Pemuda generasi sekarang juga dapat dilakukan dengan kampanye kesadaran ekologis, mengolah lahan-lahan tidur menjadi produktif dan memperbaiki ekosistem laut yang rusak.

Baca juga: Sinode II Keuskupan Maumere, Uskup Maumere Mgr. Ewaldus Titip 4 Pesan Bagi Umat Katolik di Sikka

"Selalu melestarikan kesuburan lahan pertanian, tidak merusak hutan, merawat mata air, serta menjaga laut agar bebas dari sampah plastik. Kita harus mulai dari lingkungan tempat tinggal kita masing-masing," ajak Rektor Angelinus Vinventius.

Vincentius juga tak lupa menyampaikan selamat Hari Sumpah Pemuda sekaligus mengajak rombongan peziarah menghayati nilai Sumpah Pemuda dengan terus merawat tanah tumpah darah.

Berita Sikka lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved