Berita Ende

Nikah Massal di Paroki Woronio Ende, Habis Berkat Terima KK, Akte dan KTP

Pemberkatan Nikah Massal bagi Pasutri kembali dilaksanakan di Stasi Watusipi, Paroki Woronio, Keuskupan Agung Ende

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-IST
NIKAHMASSAL DI ENDE- PASUTRI YANG MENGIKUTI NIKAH MASSAL DI STASI WATUSIPI,PAROKI WORONIO, KEUSKUPAN AGUNG ENDE. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM,ENDE-Pemberkatan Nikah Massal bagi pasangan suami istri (Pasutri) kembali dilaksanakan di Stasi Watusipi, Paroki Woronio, Keuskupan Agung Ende, Selasa, 15 November 2022.

Pasutri di Kecamatan Ende Utara yang belum mendapatkan sakramen perkawinan secara agama katolik ini dilayani dan difasilitasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Ddukcapil) Kabupaten Ende melalui program Inovasi Layanan Terintegrasi KANDA 3 In 1 (Kawin Nanti Dapat Adminduk).

Yang mana program inovasi ini apakabila ada pasangan yang menikah atau menikah di gereja akan memperoleh 3 dokumen sekaligus yakni Kartu Keluarga, Akta Perkawinan dan KTP-Elektronik.

Penyerahan dokumen kependudukan bagi pasutri ini diserahkan usai mendapat sakramen perkawinan di gereja oleh pastor paroki dan diterima langsung pasutri.

 

 

Baca juga: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Flotim Kehabisan Blanko e-KTP

.Pada kesempatan yang sama juga terjadi penyerahan Akta Kelahiran kepada pasangan yang diperoleh melalui Inovasi Terintegrasi PANDA 3 In 1.

Di mana apabila ada yang di permandikan di gereja akan memperoleh tiga dokumen sekaligus yakni Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.

Dengan adanya inovasi ini bisa membahagiakan pasustri dan bisa bermanfaat bagi warga untuk memperoleh dokumen administrasi kependudukan.

Kadis Dukcapil Ende, Lambertus Siga Sare dalam rilis kepada TRIBUNFLORES.COM di Maumere, Rabu, 16 November 2022 siang menjelaskan, dengan adanya inovasi pelayanan terintegrasi atau pelayanan sekali urus bisa dapat beberapa dokumen sekaligus maka sangat memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan.

Baca juga: Forum Kearifan Lokal Desa Muruona Terima Bantuan Dari Kementerian Sosial Untuk Ekonomi Produktif

"Untuk itu kami sangat mengharapkan bagi semua pasangan yang akan menikah dan yang akan dipermandikan untuk mengikuti inovasi terintegrasi yang ada pada dinas yakni Inovasi KANDA 3 In 1 dan PANDA 3 In 1," kata Kadis Lambertus.

Ia mengungkapkan, guna mensukseskan ke dua inovasi ini Disdukcapil Ende telah melakukan perjanjian kerjasama/MoU dengan Kevikepan Ende Keuskupan Agung Ende.

"Harapannya adalah apabila ada pasangan yang menikah di gereja dan dipermandikan di gereja dapat memperoleh dokumen administrasi kependudukan melalui kedua inovasi ini," ujarnya.(ris)

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved