Breaking News:

Berita Sikka

KPU Sikka Rancang Enam Dapil dan Alokasi 35 Kursi DPRD Pemilu 2024

KPU Sikka di Pulau Flores melakukan penataan daerah pemilihan dan alokasi anggota DPRD Sikka dalam Pemilu 2024 sejalan dengan agenda kegiatan KPU.

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
DOK.KPUD SIKKA
Ketua KPUD Sikka, Yohanes Krisostomus Feri membacakan amanat dalam perayaan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Sekretariat KPUD Sikka, Rabu 17 Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka di Pulau Flores melakukan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi anggota DPRD Sikka dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Jika Pemilu sebelumnya membagi empat Dapil dalam rancangan baru menjadi enam Dapil mendistribusikan 35 kursi anggota DPRD.

Ketua KPU Sikka, Yohanes Krisostomus Feri, dan juru bicara KPU Sikka, Herimanto, dihubungi TribunFlores.com, Kamis pagi 24 November 2022 membenarkan penataan Dapil dan alokasi anggota DPRD Sikka tertuang dalam pengumuman KPU Sikka Nomor  547/Pl.01.3-Pu/5307/2022 tentang  rancangan penataan Dapil  dan alokasi kursi  anggota DPRD Sikka. Pengumuman itu juga tersebar di media sosial dan grup-grup WhatsApp menjadi perbincangan.

“Benar itu rancangan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD yang kami susun untuk proses selanjutnya.  Rancangan tersebut dibuat sesuai  jadwal  kegiatan KPU pada minggu keenam bulan November 2022 yakni penyusunan dan penetapan rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi  anggota DPRD kabupaten/kota oleh KPU kabupaten/kota,” kata Feri.

Untuk mendapatkan masukan atas penataan Dapil dan alokasi kursi, demikian Feri, KPU Sikka membuka masukan dan tanggapan masyarakat  dimulai sejak Rabu 23 November 2022 hingga 6 Desember 2022.

Baca juga: Sikka Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut, Bupati Sikka: Bisa Raih WTP Ke-7

Masukkan atau tanggapan masyarakat dibuat tertulis  dengan format yang disediakan dari KPU Sikka atau diunduh melalui helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.Tanggapan itu dapat disampaikan oleh perorangan,lembaga kemasyarakatan dan partai politik.

Penataan Dapil dari semula empat Dapil dalam rancangan baru menjadi enam Dapil mengalokasikan 35 kursi wakil rakyat.

Rancangan pertama mencakup empat Dapil mengikuti pembagian Dapil dari Pemilu sebelumnya, Alokasi 35 kursi didistibusikan untuk Dapil Sikka satu sebanyak 11 kursi mencakup Kecamatan Alok, Palue, Alok Barat dan Alok Timur. Dapil Sikka dua meliputi Kecamatan  Lela, Nelle, Kewapante, Koting dan Hewokloang sejumlah tujuh kursi.

Dapil Sikka tiga meliputi Kecamatan Talibura, Waigete, Bola,mWaiblama, Doreng dan Mapitara mendapat alokasi sembilan kursi. Sedangkan Dapil empat meliputi Kecamatan Paga, Mego, Nita, Magepanda dan Tana Wawo mendapat alokasi delapan kursi dari keseluruhan 35 kursi.

Baca juga: Donatur NTA Australia Andy Young Suka Budaya Sikka

Sedangkan rancangan kedua mencakup lima Dapil. Dapil Sikka satu meliputi Kecamatan Alok, Alok Barat dan Alok Timur dialokasikan sembilan kursi. Dapil Sikka dua dialokasikan tujuh kursi mencakup Kecamatan  Kewapante, Bola, Hewokloang, Kangae dan Doreng.

Dapil Sikka tiga dialokasikan tujuh kursi mencakup Kecamatan Talibura, Waigete, Waiblama dan Kecamatan Mapitara. Dapil Sikka empat sebanyak lima kursi meliputi Kecamatan Lela, Nita,Nelle dan Koting.Dapil Sikka lima mendapat alokasi tujuh kursi meliputi Kecamatan Paga, Mego, Palue, Magepanda  dan Kecamatan Tanawawo.

Rancangan ketiga membagi enam Dapil untuk alokasi 35 kursi wakil rakyat. Dapil Sikka satu meliputi Kecamatan Alok, Palue dan Alok Barat mendapat tujuh kursi. Dapil Sikka dua mengalokasikan lima kursi meliputi Kecamatan  Alok Timur dan Kange. Dapil Sikka tiga juga mendapat lima kursi meliputi Kecamatan Kewapante, Bola dan Hewokloang dan Doreng. Dapil Sikka empat meliputi Kecamatan Talibura, Waigete, Waiblama dan Mapitara memperoleh tujuh kursi . Dapil Sikka lima sebanyak lima kursi meliputi Kecamatan  Lela, Nita,Nelle dan Koting. Sedangkan Dapil Sikka enam mencakup Kecamatan  Paga, Mego, Magepanda dan Kecamatan Tanawawo dialokasikan enam kursi. *

Berita Sikka lainnya

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved