Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022, Profil Timnas Brasil Dihiasi Wajah Baru dan Formasi Dinamis Tite

Timnas Brasil nyaris selalu menjadi tim favorit juara setiap gelaran Piala Dunia. Begitu juga Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Samba digadang bisa juara.

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Laus Markus Goti
CHRISTOPHER LEE / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP
LATIHAN - Latihan Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022 Qatar. 

TRIBUNFLORES. COM - Timnas Brasil nyaris selalu menjadi tim favorit juara setiap gelaran Piala Dunia. Begitu juga Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Samba digadang - gadang bisa merengkuh trofi Piala Dunia keenam.

Tite pelatih Timnas Brasil memang banyak melakukan banyak perubahan di skuad Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar ini, terutama pada lini serang.

Jika Piala Dunia di dua edisi sebelumnya 2014 di Brasil dan 2018 di Rusia, Neymar menjadi tumpun sekaligus menjadi 'beban' psikis bagi bomber PSG itu, Piala Dunia 2022 Qatar, beban Neymar sedikit berkurang.

Lini serang Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar dihiasi wajah - wajah baru dan muda, seperti Vinicius Junior (Reald Madrid), Rodrygo (Real Madrid) Raphinha (Barcelona), Antony (Manchester United). Nama - nama ini sedang moncer di liga - liga Eropa.

 

Vinicius Junior misalnya, malah bisa menggantikan posisi Neymar yang pada Piala Dunia 2014 dan 2018 bermain di posisi sayap kiri. Sementara Neymar diplot Tite bermain lebih ke tengah mengkreasi serangan.

Hadirnya nama - nama baru ini bisa jadi menjadi alasan Neymar yang menyatakan bahwa dirinya tidak tau apakah akan tampil lagi di Piala Dunia edisi berikut, 2026 di Kanada, saat usianya sudah menginjak 36 tahun.

Jika lini serang ada perubahan signifikan, namun lini bertahan bisa dibilang lamban regenerasi. Wajah lama dan tua seperti Thiago Silva (37) dan Dani Alves (39) masih masuk skiuad.

Dari sisi performa Thiago Silva di Chelsea memang tampil bagus. Bersama Chelsea, mantan pemain AC Milan itu menjuarai Liga Champions 2021. Begitu juga Alves yang masih eksis di Liga Brasil.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Jerman vs Jepang Peran Neuer dan Muller, Kolektivitas Tim Kunci Kemenangan

 

Dua pemain ini juga pernah ikut merasakan pengalaman pahit dibantai Jerman 7 - 1 di laga semi final edisi 2014 di tanah sendiri. Begitu juga disingkirkan Belgia di Rusia.

Namuan kekalahan telah dari Jerman sudah sedikit terobati. Neymar yang memimpin Skuad Timnas Brasil pada Olimpiade sukses membalas dendam dengan mengalahkan Jerman di Partai final Olimpiade Rio de Janeiro 2019.

Formasi Dinamis Tite

Meski gagal pada Piala Dunia 2018 di Rusia dan gagal pada final Copa Amerika 2019, Tite kembali dipercaya menahkodai Neymar dan kawan - kawan.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Jerman vs Jepang Peran Neuer dan Muller, Kolektivitas Tim Kunci Kemenangan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved