Wisata Flores

Pesona Tebing Tiwu Kea, Tempat Wisata yang Instagramable dan Aesthetic di Kabupaten Ende

Lokasi Tiwu Kea berada di Mbuli, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende. Anda menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Ende

Editor: Nofri Fuka
TRIBUNFLORES.COM/HO-RAHMA HANIDIYAH
TIWU KEA- Pesona tebing Tiwu Kea di Wolowaru, Kabupaten Ende. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Ende mendapat julukan kota Pancasila. Terkenal dengan kecantikan danau tiga warna Kelimutu. Namun, ada satu tempat wisata yang belum menggema, yaitu Tiwu Kea dengan tebing batu yang aestheitic.

Tempat wisata ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Pesona tebing batu yang cantik nan indah. Ketinggian tebing kira-kira 20 meter. Di antara tebing ini mengalir air yang tak begitu deras dan bermuara pada kolam yang tak dalam.

Lokasi Tiwu Kea berada di Mbuli, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende. Anda menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Ende menuju ke Wolowaru Mbuli. Rute perjalanan dari Wolowaru sekitar 5 KM menuju Tiwu Kea.

Biasanya saat pengunjung tiba, ada warga yang berjaga dan mengantarkan pengunjung ke Tiwu Kea menyusuri dan menuruni hutan untuk menemukan tebing Tiwu Kea ini. Medannya cukup landai dan harus berhati-hati.

Baca juga: Melihat Keindahan Pantai Utara Flores dari Bukit Salib di Tanjung Kajuwulu

 

Ada sungai kecil yang akan ditemui, pertanda lokasi Tiwu Kea sudah dekat. Karena air sungai ini mengalir dari kolam Tiwu Kea. Dinding Tiwu Kea megah dengan corak warna putih, cokelat dan hitam sangat indah. Sekilas dinding ini seperti kanvas lukisan alam.

Tebing ini berada di antara kolam, di sisi kira dan kanan. Di tengahnya ada ada celah yang memancarkan cahaya dan menerpa dinding tebing dan kolam. Air yang jatuh di antara tebing berpadu dengan pancaran cahaya tersebut tampak sangat kemilau.

Gradasi warna yang eksotis tercipta di sini. Corak warna yang khas pada dinding Tiwu Kea menjadikan tempat wisata ini sangat menarik sebagai salah satu spot foto instagramable. Banyak spot-spot foto yang bisa dieksplor.

Suasana di tempat wisata ini sangat sejuk. Tak heran, saat berada di tempat ini bisa membuat anda tenang. Selain sebagi objek foto, di sini terdapat kolam alami. Kolam ini yang menampung aliran air dari tebing. Anda bisa berenang atau sekadar berendam kaki. Apalagi kondisi airnya yang sangat bersih dan jernih.

Keindahan Tiwu Kea masih sangat alami dan alamnya masih terjaga. Tapi jangan lupa untuk menjaga kelestarian alamnya.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved