Berita Nagekeo

Pemda Nagekeo Dorong Petani Akses Kredit Usaha Rakyat

Oliva menjelaskan, skema KUR diperuntukkan untuk membantu masyarakat kecil yang disalurkan melalui Himpunan Bank Negara (Himbara).

Editor: Gordy Donovan
TRIBUN FLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
BERI KETERANGAN - Kepala Dinas Pertanian Nagekeo, Olivia Mogi. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas Pertanian mendorong para petani supaya mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai modal untuk pengolahan lahan dalam rangka meningkatkan hasil produksi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Nagekeo Oliva Monika Mogi, Selasa 26 Januari 2022.

Oliva menjelaskan, skema KUR diperuntukkan untuk membantu masyarakat kecil yang disalurkan melalui Himpunan Bank Negara (Himbara).

Dengan adanya keterbatasan modal, pemerintah memberikan akses permodalan supaya petani bisa termotivasi dalam pemenuhan sarana produksi guna mendongkrak produktivitas pertanian.

Baca juga: 5 Atlet Taekwondo Nagekeo Raih Medali Emas di Even Invinity Sikka Open

 

Menurutnya, pada tahun 2022, Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengalokasikan KUR di bidang pertanian sebesar Rp 90 triliun. Jumlah alokasi KUR tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp. 70 triliun.

Pemerintah pusat sudah menyiapkan kredit usaha tani terutama akses permodalan mulai dari persiapan lahan, benih, biaya alat, biaya sarana produksi seperti pembelian benih, pupuk dan juga obat-obatan," ungkap Oliva.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pertanian Nagekeo, ungkap Oliva, umumnya petani di Nagekeo belum seluruhnya mengakses permodalan melalui KUR.

Salah satu kendalanya adalah mayoritas para petani yang ingin mendapatkan KUR tidak memenuhi persyaratan pihak bank sebagai kreditur karena masih terlibat hutang ataupun pinjaman di lembaga keuangan lainya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved