Berita Nagekeo

Kisah Pria di Nagekeo, Belajar dari Facebook Cara Budidaya Anggur, Kini Panen Anggur

Dilahan seluas tiga per empat hektar di Pantai Nanganuwa, Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Baba Ang biasa ia disapa memberanikan diri menanam anggur

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
BUDIDAYA - Panen Anggur di Kebun milik Adrianus Cundawan di Pantai Nanganuwa, Desa Anakoli, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Kamis 24 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Kabupaten Nagekeo merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang wilayahnya terkenal sangat subur.

Karena terkenal akan kesuburannya, masyarakat di daerah itu dapat membudidayakan apa saja termasuk menanam tanaman anggur.

Meski membudidayakan anggur belum sefamiliar membudidayakan tanaman holtikultura, namun hal itu tidak menjadi alasan bagi seorang petani bernama Adrianus Cundawan untuk mencoba.

Dilahan seluas tiga per empat hektar di Pantai Nanganuwa, Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Baba Ang biasa ia disapa memberanikan diri menanam anggur sebanyak 1.200 pohon.

Baca juga: Dokter Tintin Bilang Belum Ada Varian Omicron di Manggarai Timur

 

Anggur impor yang ditanamnya terdiri dari 40 varietas. Beberapa diantaranya anggur jenis carnival, gordi, angelika, oscar, garnet, dan masih banyak varietas anggur lainnya.

Sudah setahun lalu, warga Kelurahan Danga, Kecamatan Aesesa itu fokus membudidayakan anggur di lahan yang dulunya adalah hutan kayu mahoni.

Berkat keuletannya, kini kebun anggurnya sudah menghasilkan buah yang sangat lebat. Selain itu, kebun anggur tersebut menjadi sekolah lapangan bagi petani lainnya di daerah itu.

Buah ANggur di Nagekeo
ANGGUR - Buah anggur milik Adrianus Cundawan di pantai Nanganuwa, Desa Anakoli, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.

Bukan hanya itu, kebun anggur tersebut kini sudah menjadi salah satu agrowisata mini yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Nagekeo.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved