Hari Perempuan Internasional

Aktivis Perempuan Flores Timur Ajak Perempuan Harus Melawan Ketidakadilan

Meski mendapat intimidasi, ia mengaku tidak gentar dan terus memperjuangkan hak perempuan hingga ke proses hukum.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-NOBEN
SOSOK - Aktivis Perempuan Flores Timur, Noben Dasilva (tengah) pose bersama staf ahli KPPA RI dan Asdep Perlindungan anak. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Tanggal 8 Maret dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional.

Tema Hari Perempuan Internasional tahun 2022 berkaitan dengan kesetaraan gender dalam konteks krisis iklim dan pengurangan resiko bencana.

Sosok perempuan yang berprestasi dan bisa menyeimbangkan antara keluarga dan karir menjadi sangat langka ditemukan. Perempuan seringkali takut untuk berkarir karena tuntutan perannya sebagai ibu rumah tangga.

Baca juga: Strategi Iptu Rufina Rambu Elo untuk Tugas dan Urus Rumah Tangga

 

Menyongsong Hari Perempuan Internasional, aktivis kemanusiaan di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Noben Dasilva pun angkat bicara.

Ketua Buruh Migran Indonesia Cabang Flotim ini mengaku sering mengalami intimidasi saat ia mengadvokasi sebuah persoalan yang melibatkan perempuan sebagai korban.

Intimidasi itu, kata dia, biasanya dilakukan keluarga pelaku yang merasa terganggu soal kehadirannya sebagai pemerhati kaum perempuan.

Meski mendapat intimidasi, ia mengaku tidak gentar dan terus memperjuangkan hak perempuan hingga ke proses hukum.

"Saat saya advokasi kasus kekerasan terhadap perempuan, intimidasi itu masih saja terjadi. Contohnya, pelaku membela diri. Dan dampaknya, keluarganya akan melakukan intimidasi baik secara langsung maupun lewat media sosial. Tetapi saya tetap maju dan ketika hukum berpihak ke korban, maka akan muncul keadilan. Apa yang saya perjuangkan adalah benar adanya," ujarnya kepada wartawan, Senin 7 Maret 2022.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved