Ramadhan 2022

Pemantauan Hilal di NTT Berlangsung di Menara BMKG Kupang

Kemenag RI menetapkan 101 daerah di Indonesia melakukan pemantauan hilal sebelum menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriyah pada hari ini.

Editor: Egy Moa
DOK. POS KUPANG
Pemantauan hilal 

 Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM.COM, KUPANG-Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan 101 daerah di Indonesia untuk melakukan pemantauan hilal sebelum menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriyah. Dari titik itu dilakukan pemantauan pada 1 April 2022.

Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat

Diketahui Kemenag akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Ramadan 1443 H, Jumat, 1 April 2022 petang. Sidang ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Di Provinsi NTT, satu titik pemantauan berada di Menara Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang. Informasi yang dihimpun dari Kanwil Kemenag NTT disebutkan pemantauan dilakukan sejak pukul 15.00 Wita.

Baca juga: Gubernur NTT; Tak Percuma Darah Wilson Here untuk Menjaga Negara

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTT, KH. Pua Monto Umbu Nay, menyebut, pihaknya akan tetap mengikuti petunjuk Kementerian Agama (Kemenag) RI mengenai 1 Ramadhan 1443 Hijriyah. 

"Kalau teman-teman Muhammadiyah itu kan dengan hisab. Tapi kalau NU tetap menunggu Ruhiat hilal," katanya, Rabu 30 Maret 2022.

Sampai dengan saat ini, menurut dia belum ada informasi resmi dari Kemenag mengenai penentuan 1 Ramadhan. Sementara, penentuan Ruhiat hilal sendiri akan dilakukan pada tanggal 1 April 2022 nanti. Di NTT, penentuan dilakukan di tower, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Kupang.

Hasil pantauan itu kemudian dirangkum dari seluruh wilayah di Indonesia dan selanjutnya diputuskan oleh Kemenag RI. Ia mengatakan, kalau undangan yang ia terima dari Kanwil Kemenag NTT, menyebut, terdapat satu lokasi penentuan hilal di NTT. Namun, ia meyakini kalau di tingkat daerah pun pemantauan tetap dilakukan.

Baca juga: Pater Fritz Meko Deklarasikan Buku Sang Mesias, Ini Karya Berbeda Bukan Ikut-Ikutan

KH. Pua Monto juga menyingung berkaitan dengan ibadah sholat tarawih yang dikeluarkan oleh Kemenag berkaitan dengan petunjuk pelaksanaan sholat tarawih. 

"Kita ikuti saja edaran pemerintah. Kita NU pokoknya siap mengamankan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, terutama edaran dalam situasi covid-19 ini," tambahnya. 

 

Berita NTT lainnya
 
 

 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved