Berita Manggarai Barat

Pelaku Wisata Labuan Bajo Prihatin Wisatawan Bakar Petasan di TNK

Pelaku wisata di Labuan Bajo, Pulau Flores prihatin menyaksikan ulah wisatawan membakar petasan di kawasan Taman Nasional Komodo dan viral di Medsos.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/GECIO VIANA
Screenshot aksi wisatawan meledakkan petasan di perairan dekat Pulau Kalong kawasan TNK, Kabupaten  Manggarai Barat, Provinsi NTT, Kamis 30 Maret 2022.   

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO- Sejumlah pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Pulau Flores,  menemui Balai Taman Nasional Komodo (TNK), Jumat 1 April 2022.

Kedatangan mereka menemui Kepala SPTN Wilayah 2 Balai TNK, Gatot Kuncoro Edy membahas peristiwa wisatawan yang meledakkan petasan di kawasan TNK yang viral di media sosial pada Kamis 31 Maret 2022.

Perwakilan pelaku pariwisata, Afandi Wijaya mengatakan, pertemuan dilakukan atas inisiatif para pelaku pariwisata. Mereka prihatin dengan  ulah wisatawan yang dapat merusak konservasi di kawasan TNK. 

Para pelaku pariwisata juga memberikan masukan  menjalin  sinergitas antara TNK, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Pemda Mabar dan pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

Baca juga: Bakar Petasan di TNK; Wisatawan, Pemandu dan Pemilik Kapal Diperiksa Balai TNK

"Membuka ruang diskusi sehingga tidak terjadi persoalan sendiri, di pihak TNK harus ada volunter dari pelaku peristiwa untuk menjelaskan bagaimana konservasi itu sebenarnya jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi," katanya. 

Pihaknya juga meminta adanya diskusi semua pihak  termasuk tour guide, agent travel dan Balai TNK terkait konservasi dan pengelolaan kawasan TNK. 

"Kalau dilihat belum ada ruang diskusi, bagaimana pengelolaan pariwisata di TNK, apa regulasi dari TNK. Karena dilihat luas wilayah, hanya ada 100 lebih (pegawai). Artinya ada keterbatasan di situ, sehingga penting kami sebagai pelaku pariwisata dari diri sendiri menjelaskan konservasi kepada wisatawan," jelasnya. 

Kepala SPTN wilayah 2 Balai TNK, Gatot Kuncoro Edy menyambut baik kunjungan para pelaku pariwisata. Balai TNK, lanjut dia, menerima masukan para pelaku pariwisata  sebagai rekomendasi pengelolaan kawasan TNK.

Baca juga: Awasi Orang Asing, Imigrasi Labuan Bajo Bangun Sinergitas Antar Instansi

KANTOR TNK

"Masukan apapun kami terima, akan menjadi masukan kami untuk pertimbangan kami," katanya. 

Gatot menjelaskan, pihaknya secara konsisten melakukan sosialisasi terkait apa yang boleh dan tidak dilakukan pengunjung di TNK

"Kami juga akan menerapkan punishment bagi pelaku agar hal ini tidak terjadi lagi. Patroli rutin sudah pasti kami lakukan," katanya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak dua video menunjukkan wisatawan di perairan Taman Nasional Komodo (TNK), yang meledakkan petasan viral di media sosial (medsos), Kamis 30 Maret 2022.

Dalam dua video masing-masing berdurasi 41 detik dan 13 detik  terlihat beberapa orang sedang berada di atas kapal, tepatnya di Pulau Kalong kawasan TNK, Kabupaten  Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Baca juga: Penularan Covid-19 Menurun, Labuan Bajo Siap Menyambut Wisatawan

Beberapa orang diduga tengah merayakan sebuah acara dan meledakkan petasan, sembari berjoget menikmati musik di atas kapal wisata. Seorang penumpang kapal memegang petasan dan mengacungkan ke arah atas dan meledakkannya. 

Berita Manggarai Barat lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved