Berita Manggarai Barat

Bakar Petasan di TNK; Wisatawan, Pemandu dan Pemilik Kapal Diperiksa Balai TNK

Balai Taman Nasional Komodo (TNK) menjadwalkan meminta keterangan wisatawan, pemilik kapal dan guide dalam kasus pembakaran petasan di kawsan TNK.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/GECIO VIANA
Kepala SPTN Wilayah 2 Balai TNK, Gatot Kuncoro Edy. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO- Dua video viral di media sosial memperlihatkan wisatawan di perairan Taman Nasional Komodo (TNK) meledakkan petasan, Kamis 30 Maret 2022. Dalam dua video masing-masing berdurasi 41 detik dan 13 detik  terlihat beberapa orang sedang berada di atas kapal, tepatnya di Pulau Kalong kawasan TNK, Kabupaten  Manggarai Barat, Provinsi NTT. 

Pihak Balai TNK telah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pemilik kapal, guide dan wisatawan. 

"Kami sudah melakukan tindakan-tindakan kemarin. Pihak kapal dan guide sudah kami panggil dan akan ke kantor TNK, untuk kami periksa dan ambil keterangan terkait wisatawan yang menyalakan petasan di Pulau Kalong. Hasil pemeriksaan itu akan ketahuan apakah bersalah atau pasal apa yang mereka langgar," kata Kepala SPTN Wilayah 2 Balai TNK, Gatot Kuncoro Edy. 

Ditanya apakah kejadian tersebut bisa mengarah ke pidana, Gatot menjelaskan hal tersebut belum dapat dibuktikan usai pemeriksaan.

Baca juga: Awasi Orang Asing, Imigrasi Labuan Bajo Bangun Sinergitas Antar Instansi

"Rencana yang di periksa guide, kapten kapal dan wisatawannya, dalam perkembangannya ada pihak lain yang akan diperiksa," ujarnya. 

Gatot menegaskan, aktivitas menyalakan petasan di kawasan taman nasional sangat dilarang. 

"Tidak boleh,menyalakan petasan di kawasan TN (Taman Nasional). Dalam instagram TN kami sudah posting terkait larangan itu," katanya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak dua video menunjukkan wisatawan di perairan Taman Nasional Komodo (TNK), yang meledakkan petasan viral di media sosial (medsos), Kamis 30 Maret 2022.

Baca juga: Penyelundup Minyak Tanah ke Sape Kabur, Lanal Labuan Bajo Amankan Barang Bukti

Dalam dua video masing-masing berdurasi 41 detik dan 13 detik  terlihat beberapa orang sedang berada di atas kapal, tepatnya di Pulau Kalong kawasan TNK, Kabupaten  Manggarai Barat, Provinsi NTT. 

Beberapa orang diduga tengah merayakan sebuah acara dan meledakkan petasan, sembari berjoget menikmati musik di atas kapal wisata. Seorang penumpang kapal memegang petasan dan mengacungkan ke arah atas dan meledakkannya. 

Di waktu yang bersamaan, terlihat kawanan kalong atau kelelawar tengah berterbangan. Dalam video berdurasi 13 detik, terdapat suara perempuan yang menyayangkan peristiwa tersebut. 

"Ini orang yang ada di kapal ini malah nyalain petasan sedangkan kalong lagi terbang," kata sumber suara.

Baca juga: Penularan Covid-19 Menurun, Labuan Bajo Siap Menyambut Wisatawan

Tidak sampai di situ, sumber suara juga akan melaporkan kejadian itu kepada pihak Balai TNK. 

"Gue (saya) laporkan ke TNK," jelasnya. 

Berita Manggarai Barat lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved