KM Sirimau Kandas

KM Sirimau Berhasil Dievakuasi, Kini Sudah Sandar di Pelabuhan Lewoleba

Hingga memasuki hari kedua, Rabu 18 Mei 2022, PT Pelni masih menunggu bantuan berbagai pihak supaya kapal bisa keluar dari kepungan karang di perairan

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-SAR
TIBA DI PELABUHAN LEWOLEBA- KM. Sirimau sudah berada di pelabuhan Lewoleba, Lembata, NTT, Kamis 19 Mei 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Ricko Wawo

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA- KM Sirimau, kapal penumpang milik PT Pelni, telah berhasil dievakuasi dari perairan dangkal Pailolon, di wilayah tanjung, Kabupaten Lembata sekitar pukul 12.30 Wita, Kamis 19 Mei 2022.

Kapal yang memuat sebanyak 784 penumpang itu karam di perairan dangkal tersebut sejak hari Selasa, 17 Mei 2022 siang.

Kini KM Sirimau sudah berada di Pelabuhan Lewoleba.

Baca juga: KM Sirimau Dikabarkan Berhasil Dievakuasi, akan Sandar di Pelabuhan Lewoleba

 

Tim Syahbandar Lewoleba, petugas Pol Air Polres Lembata, TNI AL, Basarnas Maumere dan PT Pelni berhasil menggeser KM Sirimau dengan kapal Gandha Nusantara.

Pantauan TRIBUNFLORES.COM, KM Sirimau sandar di Pelabuhan Lewoleba pada pukul 13.50 Wita. Petugas akan melakukan survei under water terlebih dahulu terhadap KM Sirimau.

Evakuasi

Sebelumnya, sebanyak 784 penumpang KM Sirimau dijadwalkan akan dievakuasi pada Kamis, 19 Mei 2022 hari ini. Kapal naas tersebut belum bisa melanjutkan perjalanan sejak karam di perairan dangkal Pailolon, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, pada Selasa, 17 Mei 2022 kemarin.

Kepala Syahbandar Lewoleba Abdul Syukur kepada Tribun Flores, mengungkapkan bahwa pihaknya sementara menunggu Kapal Sabuk Nusantara 108 dari Kupang dan KM Wilis dari Ende.

Dua kapal ini yang akan dipakai untuk mengevakuasi penumpang dari KM Sirimau. Keputusan ini diambil setelah koordinasi Syahbandar Lewoleba dan PT Pelni.

"Dua kapal itu sementara menuju Lewoleba untuk mengevakuasi penumpang," kata Abdul saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 19 Mei 2022.

Dia menuturkan KM Wilis akan sandar di Pelabuhan Lewoleba. Sedangkan, Kapal Sabuk Nusantara 108 yang akan memindahkan penumpang dari KM Sirimau ke Pelabuhan Lewoleba dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke rute selanjutnya sesuai tujuan para penumpang.

Abdul juga memaparkan kendala yang jadi sebab tubuh KM Sirimau belum dievakuasi dari perairan dangkal. Menurut dia, KM Gandha Nusantara yang dikerahkan untuk evakuasi sejak awal terlalu kecil. Oleh karena itu, PT Pelni akan mendatangkan jenis kapal Tugboat dari Maumere atau Kupang yang punya kemampuan untuk evakuasi KM Sirimau.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved