Berita Flores Timur

Penjabat Bupati Flotim Bertemu Uskup Larantuka, Mgr.Fransiskus: Pendekatan Berbasis Kearifan Lokal

Selain itu juga, melalui berbagai komunikasi dengan instansi pusat, sedang diusahakan untuk mendatangkan mesin penghancur sampah ke Flores Timur.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-HUMAS PEMDA FLOTIM
Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Paulus Igo Geroda, S.Sos, MAP, bertemu Yang Mulia Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung di Keuskupan Larantuka, Selasa 7 Juni 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Paulus Igo Geroda, S.Sos, MAP, bertemu Yang Mulia Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung, di Keuskupan Larantuka, Selasa 7 Juni 2022.

Dalam pertemuan itu, Penjabat Bupati memohon dukungan YM Uskup Larantuka baginya dalam memimpin Flores Timur sebagai Penjabat Bupati Flores Timur.

Sebagai pemimpin dan gembala umat Katolik di Keuskupan Larantuka, dukungan YM Uskup Larantuka ini menjadi sangat penting artinya bagi Penjabat Bupati dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan yang diembankan padanya.

Baca juga: Polisi Tangkap Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir, 2 Kali Menjadi Eks Napiter

 

Selain memohon dukungan YM Uskup Larantuka, Penjabat Bupati juga mengungkapkan beberapa kegiatan dan kunjungan yang telah dilakukannya di Flores Timur semenjak dilantik sebagai Penjabat Bupati Flores Timur seperti melakukan kunjungan ke pulau Adonara dan ke kecamatan Tanjung Bunga.

Dari kunjungan-kunjungan yang dilakukannya, Penjabat Bupati mengumpulkan berbagai persoalan yang ditemuinya secara langsung dan berusaha secepat mungkin mengatasi persoalan-persoalan yang ada seperti penimbunan jalan pada ruas-ruas jalan yang terdampak abrasi.

Khusus menyangkut permasalahan sampah dan kebersihan, Penjabat Bupati mengaku sejauh ini telah berhasil membangun komunikasi dan kerjasama dengan beberapa BUMN yang menyatakan kesiapannya membantu pengadaan sarana kebersihan berupa mobil truk sampah bagi Flores Timur.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham NTT Minta Buka Pos Bantuan Hukum di Rutan Maumere

Selain itu juga, melalui berbagai komunikasi dengan instansi pusat, sedang diusahakan untuk mendatangkan mesin penghancur sampah ke Flores Timur.

Bahkan dalam beberapa hari ke depan Penjabat Bupati akan berangkat ke Jakarta untuk memperjuangkan hal ini.

YM Uskup Larantuka pun menyambut baik pertemuan ini dan menyatakan dukungan penuh pada Penjabat Bupati dalam memimpin Flores Timur.

Mendengar berbagai kegiatan yang telah dilakukan Penjabat Bupati, YM Uskup Larantuka lantas menitipkan pesan pada Penjabat Bupati Flores Timur untuk selalu mengedepankan pendekatan berbasis kearifan lokal khususnya pada konflik-konflik sosial yang ada.

Melalui Penjabat Bupati, ia juga mengapresiasi program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang saat ini sedang dikerjakan oleh Kodim 1624/Flotim yang telah berhasil membuka isolasi di desa Lewomuda dan Kawalelo sehingga mendukung sektor pertanian yang ada di kedua desa ini sehingga secara tidak langsung telah mendukung pemberdayaan para petani.

Baca juga: TRUK - F Demonstrasi di Mapolres Sikka, Orator Bacakan Puisi Bicaralah Fakta

Tentang persoalan sampah dan kebersihan, Uskup Larantuka berpesan bahwa salah satu yang tak kalah pentingnya menyangkut hal itu adalah bagaimana memberikan kesadaran dan pemahaman kepada warga masyarakat untuk menjaga dan merawat kebersihan.

Berita Flores Timur lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved