Berita Flores Timur

Pemandu Wisata Budaya Flores Timur Ikut Pelatihan di Kampung Adat Lewokluok

Ia mengatakan, peserta pelatihan diwajibkan menetap selama tiga hari di Desa Lewokluok untuk mendapatkan materi pembekalan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/PAULUS KEBELEN
BUKA PELATIHAN - Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Petrus Pemang Liku, saat memberikan sambutan pada pelatihan pemandu wisata budaya di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Rabu 15 Juni 2022. 

Laporan TRIBUNFLORES.COM, Paulus Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, menggelar pelatihan pemandu wisata budaya bertempat di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Rabu 15 Juni 2022.

Kegiatan ini menyasar 38 desa dengan potensi wisata budaya yang kuat. Selain potensi desa, para guru dan komunitas budaya seperti Asosiasi Desa Wisata (ASI DEWI) Flores Timur dan Simpa Sio Institut juga dilibatkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Petrus Pemang Liku mengatakan, pelatihan pemandu wisata bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat khususnya pemandu wisata.

Baca juga: Kepala Ombudsman NTT Sambangi Rutan Kelas IIB Maumere di Sikka

 

"Kita ingin meningkatkan skil dan profesionalitas pemandu wisata sehingga wisata budaya di Flores Timur layak untuk dikunjungi wisatawan," ujar Petrus, Rabu 15 Juni 2022.

Ia mengatakan, peserta pelatihan diwajibkan menetap selama tiga hari di Desa Lewokluok untuk mendapatkan materi pembekalan.

Untuk meningkatkan kapasitas peserta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim menghadirkan tiga narasumber yaitu DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Provinsi NTT, DPC Himpunam Pramuwisata Indonesia Kabuapten Flores Timur, dan Pemerhati Budaya.

"Dinas Pariwisata juga bawakan materi. Hadir juga pak Agustinus Bataona dari DPD HPI NTT, Rafael Syukur Hokeng dari DPC Flores Timur, dan juga Pemerhati Budaya, Silvester Petara Hurit," katanya.

Untuk diketahui, Desa Lewokkluok merupakan potret desa Wisata Budaya membanggakan di Kabupaten Flores Timur.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved