Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca di Pulau Flores Hari Ini, Waspada Banjir ROB Pesisir Selatan hingga Timur

Badan Meteorologi, Klimatologi itu Geofisika atau BMKG Stasiun Maritim Tenau Kupang mengeluarkan peringatan ini, pada Senin 11 Juli 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / ARNOLD
BANJIR ROB -Puluhan Rumah Warga di talibura kabupaten Sikka terendam banjir rob,Rabu 15 Juni 2022 lalu. BMKG memprediksi terjadi Banjir ROB tanggal 12 hingga 13 Juli 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Masyarakat pesisir pantai diimbau untuk mewaspadai adanya potensi fenomena banjir pesisir (ROB) yang diprediksi terjadi pada tanggal 12-13 Juli 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi itu Geofisika atau BMKG Stasiun Maritim Tenau Kupang mengeluarkan peringatan ini, pada Senin 11 Juli 2022.

Ancaman itu terjadi pada, pesisir selatan, tengah hingga timur Pulau Flores.

Selain itu, pesisir Pulau Sumba juga turut terkena dampak. Sabu-Raijua, juga mengalami hal serupa.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Sikka Hari Ini Rabu 13 Juli 2022, Pagi Cerah dan Malam Cerah Berawan

 

Banjir Pesisir atau Rob adalah peristiwa naiknya permukaan air laut ke daratan pesisir pantai yang disebabkan oleh air laut pasang atau curah hujan yang tinggi, kemudian menyebabkan daerah disekitarnya tergenang oleh air laut.

Kejadian itu disebabkan adanya pengaruh dari aktivitas astronomi dimana fase Bulan Purnama (Super Full Moon) yaitu posisi Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

"Hal ini dapat menyebabkan potensi pasang maksimum, serta kondisi gelombang tinggi dan angin kencang dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Nusa Tenggara Timur berupa potensi banjir pesisir," tulis imbauan dari BMKG, sebagaimana diterima POS-KUPANG.COM, Selasa 12 Juli 2022.

Peristiwa itu dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Banjir Pesisir, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Baca juga: Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Oktavianus Betty Sekuriti Bank NTT di Oebufu Kota Kupang

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved