Berita Sikka

Menanamkan Toleransi, WBP Rutan Maumere Bersihkan Gua Maria Magepanda

Toleransi antarumat beragama diwujudkan keluarga besar Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Maumere.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/PAULUS KEBELEN
BAKTI SOSIAL-Keluarga besar Rumah Tahanan Negara Kelas II B Maumere melakukan bakti sosial di Gua Maria Fatima Watu Wea, Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Sabtu 16 Juli 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paulus Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Toleransi antarumat beragama diwujudkan keluarga besar Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Maumere.

Setelah bersih-bersih di sejumlah Masjid belum lama ini, Rutan Maumere melakukan bakti sosial membersihkan lokasi Gua Maria Fatima Watu Wea, Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Sabtu 16 Juli 2022.

Bakti sosial ini melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) penganut Islam dan Protestan, para pegawai dan umat di Desa Magepanda.

Kepala Rutan Kelas II B Maumere, Antonius Semuki mengatakan, pelibatan WBP untuk menanamkan nilai toleransi dalam spirit persaudaraan antar umat bergama menyongsong HUT Republik Indonesia dan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD).

Baca juga: WNA Asal Spanyol Berada di Sikka Serasa di Rumah Sendiri

"Kegiatan ini dalam rangka HUT RI ke 77 Dan HDKD. Beberapa kali kami selenggarakan bakti sosial di Gua Maria Watu dan masjid di Maumere," ujar Antonius Semuki, kepada TRIBUNFLORES.COM.

Ketua Panitia Kegiatan, Adeodatus Dari mengatakan warga binaan yang hadir sudah memenuhi syarat dan melewati simulasi sehingga boleh dibawa keluar rutan.

"Beberapa kegiatan bakti sosial sudah berlangsung, dan warga binaan yang kami bawa kesini itu sudah simulasi," katanya.

Menurut dia, selain peringatan HUT RI dan HDKD, kegiatan ini dapat menyebarkan  toleransi kepada keluarga besar Rutan Kelas II B Maumere khususnya bagi warga binaan. Dengan begitu, lanjut dia, warga binaan dapat menularkan virus toleransi ke banyak orang setelah terbebas dari masa tahanan.

Baca juga: Turap Waikoro Jebol, Air Laut Pasang Genangi Rumah di Sikka

"Ini juga bagian dari implementasi iman dan ada nilai persaudaraan sejati. Setelah kerja kami berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing," tutupnya.

Lebih jauh, Adeodatus berharap kepada semua pihak agar terua menjaga kebersihan Gua Maria Fatima Watu Wea sehingga tetap asri dan lestari.

Berita Sikka lainnya

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved