Berita NTT

Presiden Ramos Horta; Saya Datang ke Indonesia Perkuat Relasi Pertemanan

Setelah 19 tahun ketika menjabat PM Timor Leste,Jose Ramos Horta kembali melakukan kunjungan ke Kota Kupang,NTT sebagai Presiden RDTL.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/IRFAN HOI
Presiden Republik Demokratis Timor Leste ,Jose Ramos Horta 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM,KUPANG-Untuk kedua kalinya, Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta melakukan kunjungan ke Kota Kupang, NTT. Lawatan di Kota Kupang itu setelah kunjungan terakhirnya di tahun 2003 atau 19 tahun lalu sewaktu masih menjabat sebagai Perdana Menteri. 

Presiden Ramos Horta dan rombongan ditemani Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi melakukan agenda pertama dengan ziarah ke makam pahlawan di TMP Dharmaloka Kota Kupang, Minggu 23 Juli 2022 siang. 

Setelah berdoa dan melakukan tabur bunga di beberapa makam, termaksuk mantan Gubernur Timor Timur, Abilio Osorio dan mantan Gubernur NTT, Elias Tari. Presiden Ramos dan rombongan ditempat tersebut tidak lebih dari satu jam. 

"Kedatangan saya ke Indonesia khususnya ke NTT, Jakarta, Labuan Bajo dan saat ini di Kupang dalam rangka untuk memperkuat hubungan atau relasi pertemanan baik dari aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan lain sebagainya," kata presiden Ramos Horta kepada wartawan sebelum meninggalkan pelataran TMP Dharmaloka.

Baca juga: Diduga Mabuk Miras, Seorang Ibu di NTT Habisi Nyawa Anak Kandung

Selain itu, ia juga menyebut akan bertemu dengan warga Indonesia yang sebelumnya adalah warga Timor Leste. Pertemuan itu untuk berdiskusi bersama masyarakat. Ramos Horta mengajak warga Timor Leste dimana saja, untuk mendukung Indonesia dan Timor Leste. 

"Saya juga mengajak semua warga Timor Leste dimanapun berada baik yang ada di Kupang, Jakarta atau di negara lain, Australia, Eropa, terlepas dari masa lalu, terlepas dari perbedaan sistem politik mari kita sama-sama dukung Indonesia dan Timor Leste. Dua negara yang bisa saling dukung satu sama lain," katanya. 

Presiden Ramos menjelaskan, kunjungan ke TMP Dharma Loka untuk memberikan penghormatan kepada dua orang pahlawan yang adalah teman lamanya. 

"Saya ingin meMberikan penghormatan kepada teman lama saya Gubernur El Tari dan Gubernur Abilio Soares. Saya mengenal Almarhum Abilio saat kami sama - sama sekolah di Suebada," sebutnya mengenang.

Baca juga: Presiden Ramos Horta dan Uskup Agung Kupang Bahas Persaudaraan dan Kemanusiaan RI-RDTL

"Bapaknya, Tuan Fernando adalah guru saya," imbuh Presiden Ramos Horta. 

Diketahui, Presiden Ramos Horta juga dijadwalkan akan bertemu dengan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang. Selain itu, dia juga mengunjungi usaha UMKM La Moringa dan melakukan rapat internal di Konsulat RDTL di Kupang.

Berita NTT lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved