Berita Sikka

Kisah Maxi Si Anak Sulung, Jadi Penyapu Jalan di Kota Maumere Demi Biayai Kuliah Adik

Maxi Kowan sudah hampir setahun bekerja sebagai penyapu jalan di Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka. Maxi mulai akrab dengan sapu lidi, karung.

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Laus Markus Goti
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
SAPU JALAN. Maxi saat sedang menyapu di Jl. Nong Meak, Kota Maumere, Kamis 4 Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Maxi Kowan sudah hampir setahun bekerja sebagai penyapu jalan di Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Warga RT 06, Kelurahan Madawat ini,  mulai akrab dengan sapu lidi, karung, serokan dan sampah pasca ayahnya meninggal dunia pada 2021 lalu.

Semenjak jadi penyapu jalan hari -hari Maxi pun berubah drastis. Setiap hari anak sulung dari tiga bersaudara ini bangun subuh -subuh.

Pukul 04.00, saat sebagian besar warga Kota Maumere masih lelap, Maxi sudah mulai menyapu, dari Jl. Nong Meak hingga Jl. Mgr. Sugiyopranoto, kurang lebih 2 Kilometer.

Baca juga: Jual Ikan Kering di Sikka, Florida Feriana Sukses Sekolahkan Anak Raih Sarjana

 

Di usianya yang menginjak 25 tahun, Maxi harus memangkas ego dan kesenangannya sendiri.

Impiannya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, memiliki tabungan yang besar dan menikah, kini memudar.

Sebuah transisi kehidupan yang mendadak bagi Maxi. Maxi bukan saja si sulung tapi sekaligus ayah, yang tidak saja mengayomi, melindungi tetapi juga menopang roda ekonomi keluarga.

Memulainya memang tidak mudah tapi Maxi punya keberanian untuk berdamai dengan keadaan, seperti ayahnya dulu yang tak kenal gengsi. Yah, dulu ayah Maxi juga sehari -hari bekerja menyapu jalan.

Maxi dan ibunya bahu - membahu membiayai dua adiknya. Maxi fokus membiayai adik kedua yang saat ini duduk di bangku kuliah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved