Berita NTT

Cegah Penyakit Menular, Perawat Rutan Larantuka Cek Kesehatan Warga Binaan

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Larantuka berupaya untuk mencegah penularan penyakit menular. Perawat rutan Larantuka cek kesehatan WBN.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES COM/ICHA PAREIRA
PERIKSA KESEHATAN - Seorang Perawat sedang memeriksa Kesehatan Seorang WBN Kelas llB Larantuka di Rutan Larantuka, Selasa 9 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Icha Pareira

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Larantuka berupaya untuk mencegah penularan penyakit menular.

Dalam rangka mencegah penyakit menular itu, Petugas Kesehatan Rutan Kelas IIB Larantuka melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan Rutan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Selasa 9 Agustus 2022.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi Pemeriksaan penyakit Hepatitis, TB, dan HIV. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama 6 hari dengan sistem jemput bola, yang mana petugas kesehatan langsung turun ke blok hunian WBP untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Pekan Olahraga dan Seni Rutan Larantuka, Karutan Solichin: Ajang Pengembangan Minat dan Bakat

 

Kepala Rutan Kelas IIB Larantuka, Solichin, menyampaikan Kegiatan Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan dengan metode jemput bola dikarenakan kurangnya inisiatif WBP dalam memeriksakan kondisi kesehatan mereka, selain itu, banyak WBP yang merasa segan untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka kepada petugas.

"Latar belakang pemeriksaan kesehatan dengan sistem jemput bola ini adalah karena kurangnya inisiatif dari WBP dalam memeriksakan kondisi kesehatan mereka. Selain itu, banyak WBP yang masih merasa segan untuk melaporkan kondisi kesehatan, terlebih para tahanan karena masih baru disini," ungkap Solichin.

Baca juga: Kawin Tangkap di Sumba NTT Disebut Pelanggaran HAM, Lecehkan Harkat dan Martabat Perempuan

Lebih lanjut, Solichin menjelaskan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan setiap bulan sehingga upaya pencegahan terhadap penyakit menular di lingkungan Rutan Kelas IIB Larantuka bisa berjalan maksimal.

Berita Flores Timur lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved