Berita Manggarai Timur

Bank NTT Resmikan Kantor Fungsional di Benteng Jawa

Bupati Manggarai Timur,Agas Andreas meresmikan Kantor Fungsional Bank NTT di Benteng Jawa,Kecamatan Lambaleda, Selasa 9 Agustus 2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai Timur, Ny.Theresia Wisang Agas menggunting pita peresmian Kantor Fungsional Bank NTT di Benteng Jawa. Selasa 9 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Bank NTT Kantor Fungsional Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) diresmikan oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum, Selasa 9 Agustus 2022 pagi. 

Hadir dalam kegiatan peresmian kantor itu, Ketua TP PKK juga Ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai Timur, Ny Theresia Wisang Agas, Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT, Paulus Steven Messakh bersama Kepala Devisi Kredit Menengah dan Komersil Bank NTT dan Kepala Devisi Penyelesaian dan Penyelamatan Kredit Bank NTT serta sejumlah Kasubdiv Bank NTT Pusat, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Pemimpin Bank NTT Cabang Borong, Nurchalis Tahir, Camat Lamba Leda, Forkopimca, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, serta undangan lainya. 

Peresmian kantor itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK, Ny Theresia Wisang Agas didampingi Bupati Matim dan Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT dan disaksikan oleh tamu undangan yang hadir. 

Dalam kegiatan peresmian itu juga dilakukan penandatangan PKS antara Bank NTT Cabang Borong, Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur dengan CV Bidadari Permai tentang Fasilitas Kredit Ekosistem Pertanian di Kabupaten Manggarai Timur. Pendatanganan itu dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Matim Yohanes Sentis, Pemimpin Bank NTT Cabang Borong, Nurchalis Tahir dan Oftaker CV Bidadari, Eduardus Elvis Angliwarman.

Baca juga: Kapolres Manggarai Timur Bilang Tidak Benar Polisi Meninggal Akibat Mobil Terbalik di Walengga

Selain itu juga penyerahan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) Bank NTT kepada 5 orang perwakilan para siswa-siswi dan penyerahan Kredit Mikro Merdeka kepada perwakilan warga selaku pengusaha Mikro Kecil di Benteng Jawa. 

Adapun nama-nama penerima Kredit tersebut yakni Yustina Sengina (Kios Sembako), Lusia Mia (Pedagang ikan), Marselinus Usup (Penggilingan Kopi), Susana Sul (Pedagang Ikan) dan Theresia Tese (Pedagang Ikan). 

Bupati Agas menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT karena Kantor tersebut hari ini diresmikan. MenurutNya kehadiran Bank NTT di Benteng Jawa menjawab impinan masyarakat setempat.

"Sudah berapa tahun menjadi impinan kita bahwa mesti di Lamba Leda dibuka kantor Bank NTT. Mengapa kita buka kantor ini,  karena bank NTT merupakan milik masyarakat NTT yang nota bene pesertaan modalnya melalui seluruh bupati/walikota di NTT yang mempunyai saham di bank NTT," ujarnya.

Baca juga: Rumah Warga di Kampung Ujung Borong Terancam Abrasi Sungai Wae Bobo

Menurutnya, penyertaan modal kepada Bank NTT melalui prosedur dimana sesuai Perda dengan total besarannya yang diberikan pada setiap tahun. Dan dari total penyertaan modal itu, pihaknya sudah memperoleh deviden/laba mencapai sekitar Rp80 miliar hampir sama dengan jumlah penyertaan modal. 

Selain deviden, Pemda Manggarai Timur juga mendapatkan dana CsR. Pada tahun ini Pemda memperoleh bantuan CsR dari Bank NTT sebesar Rp 1 miliar.

Dikatakan Bupati Agas, deviden dari penyertaan modal dan CsR dari Bank NTT tersebut digunakan untuk kepentingan pembangunan daerah. Disamping itu Bank NTT juga diminta untuk terjun secara langsung membiayi usaha ekonomi masyarakat. 

Karena itu, Bupati Agas meminta kepada masyarakat Benteng Jawa pada khususnya dan umumnya masyarakat Lamba Leda untuk menabung dan meningkatkan tabungan di Bank NTT dan terus mengembangkan usahanya. Bank NTT siap membantu melalui kredit Mikro Merdeka.

Baca juga: 464 Peserta Didik SMK Tiara Nusa Borong Jalani MPLS

Menurutnya Kredit Mikro Merdeka itu, adalah merdeka dari Agunan, tidak ada bunga dan bukan rentenir. Karena itu tidak boleh meminjam uang di koperasi harian karena koperasi harian merupakan koperasi rentenir dengan bunganya yang cukup besar dan bukan menguntungkan. 

Halaman
123

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved