HUT ke 77 RI

Ribuan Pelajar Manggarai Timur Menari Rangkuk Alu di HUT Kemerdekaan

Apel HUT ke-77 RI di Manggarai Timur akan disemarakan dengan atraksi kolosal melibatkan ribuan pelajar dari TD/PAUD hingga SMA dan SMK.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Kadis PPO (kanan) didampingi Sekdis PPO memberi keterangan persiapan perayaan HUT kemerdekaan RI, Kamis 11 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Apel HUT ke-77 RI tanggal 17 Agustus 2022 di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) akan disemarakan atraksi kolosal melibatkan ribuan pelajar dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Manggarai Timur, Drs. Basilius Teto kepada TRIBUNFLORES.COM, Kamis 11 Agustus 2022 pagi. 

Basilius didampingi Sekertaris Dinas PPO, Rofinus Hibur Hijau, Kabid Pembinaan SMP Winsensius Tala dan Kabid PO, Siprianus Pempot, menjelaskan apel memperingati HUT RI disemarakkan oleh atraksi  oleh  lebih dari 2.500 orang pelajar dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

Khusus TK/PAUD akan tampilkan tarian massal dengan total 500 orang, SD dan SMP akan melibatkan 750 orang juga melakukan atraksi dari berbagai sudut dan untuk SMA/SMK melibatkan 750 orang anak menampilkan tarian kolosal berupa tarian rangkuk alu dan berbagai jenis tarian daerah Manggarai lainya dan juga drum band massal dari pelajar SMP dan SMA/SMK.

Baca juga: Sofia Mistika Riwu Terpilih Aklamasi Pimpin PPNI Manggarai Timur

Basilius juga menambahkan, khusus untuk Paskibra persiapan sudah mencapai 80 persen. 

"Sejak dari tanggal 7 anggota Paskibra sudah melakukan karantina di Rumah Susun Kevikepan Borong, dan mereka terus melakukan pelatihan sehingga sampai dengan saat sudah 80 persen sudah menguasi lapangan. Diharapkan pada tanggal 17 Agustus tampil maksimal,"ujarnya.

Terkait persiapan lapangan untuk tempat pelaksanaan Apel tersebut juga kata Basilius, saat ini sedang dalam persiapan. Diharapkan saat gladi bersih pada tanggal 16 Agustus 2022 lapangan tersebut sudah 100 persen persiapan. 

Kepala Bidang PO Dinas PPO Manggarai Timur, Siprianus Pempot juga menambahkan, jumlah peserta Paskibra,  27 orang terdiri dari 9 orang perempuan dan 18 orang laki-laki yang diseleksi dari enam SMA/SMK di Kabupaten Manggarai Timur. Pendidikan dan pelatihan Paskibra ini melibatkan instruktur dari anggota TNI Danramil 1612-04 Borong dan Polres Manggarai Timur. 

"Apel HUT RI ke-77 tahun ini tidak lengkap pasukanya yang mana sebenarnya ada pasukan 8, 17 dan 45 karena ada situasi dan kondisi salah satunya masih berlangsung pandemi Covid-19. Sehingga kita hanya mengambil pasukan 8 dan 17 saja,"jelas Siprianus.

Baca juga: Sebuah Mobil Terbalik di Kampung Golo Manggarai Timur, Sopir dan Kondektur Selamat

Siprianus juga mengatakan, khusus untuk persiapan Paskibraka, sejak tanggal 7 Agustus peserta sudah dikarantina dan sudah mengikuti latihan dasar selama 3 hari dan kemudian pada hari ini mulai melanjutkan latihan di lapangan Lehong. 

Dikatakan Siprianus, diharapkan agar selama waktu persiapan ini, para peserta mengikuti secara serius sehingga pada saat tampil di puncak apel HUT RI ke-77 tampil maksimal sesuai harapan bersama. 

Berita Manggarai Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved