Berita Manggarai Timur

Sofia Mistika Riwu Terpilih Aklamasi Pimpin PPNI Manggarai Timur

Sofia Mistika Riwu S.Kep,Ners terpilih aklamasi memimpin PPNI Kabupaten Manggarai Timur periode 2022-2027 menggantikan Titus Dornus.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Pelantikan Ketua DPD PPNI Kabupaten Manggarai Timur, Sofia Mistika Riwu S.Kep,Ners di Borong Rabu 10 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM,BORONG-Sofia Mistika Riwu S.Kep,Ners menahkodai PPNI Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Periode 2022-2027 menggantikan Titus Dornus.  Sofia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-III DPD PPNI Kabupaten Manggarai Timur di Aula Kevikepan Borong, Kecamatan Borong, Rabu 10 Agustus 2022.

Ketua Panitia Musda III DPD PPNI Timur, Irenius Tena,S.Kep,Ners menjelaskan mekanisme pemilihan Ketua DPD PPNI Manggarai Timur pada Musda III dilakukan secara aklamasi dari 21 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) yang ikut menentukan pilihan. 

Dipilih secara aklamasi karena hanya Sofia yang memenuhi syarat sebagai calon ketua. Sedangkan 3 calon lainnya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat. Karena itu, kata Iren, Sofia Mistika Riwu ditetapkan sebagai ketua DPD PPNI Kabupaten Manggarai Timur. Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris DPW PPNI NTT, Kori Limbong,S.Kep,Ns,M.Kep.

Ketua DPD PPNI periode 2016-2022, Titus Dornus mengatakan PPNI Manggarai Timur berupaya untuk memperbaiki kinerja dan profesionalisme di bidang keperawatan agar kiprahnya semakin nyata dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: Sebuah Mobil Terbalik di Kampung Golo Manggarai Timur, Sopir dan Kondektur Selamat

Pembenahan organisasi secara internal dalam rangka membangun kapasitas profesional anggota untuk memiliki pengetahuan dan teknologi yang 'up to date' melalui seminar ilmiah, pertemuan ilmiah terus menerus dilakukan agar dapat memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat dan pada akhirnya memberikan kesejahteraan kepada perawat sendiri. . 

Menurut Titus, Musda III PPNI menunjukan bahwa keberadaan organisasi tetap hidup dan terus berbenah untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat. Sesuai AD/ART PPNI, Musda wajib dilaksanakan setelah pelaksanaan Muswil. 

Pelaksanaan Musda memiliki kedudukan yang tinggi dan strategis dalam suatu organisasi, karena sangat menentukan keberadaan dan nasib perawat. Karena itu Musda 3 PPNI perlu dilaksanakan dengan baik sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan kader-kader baru yang tangguh, dapat melanjutkan rencana kegiatan yang belum terealisasi dan selalu tanggap terhadap berbagai masalah keperawatan, baik menyangkut individu perawat maupun menyangkut dunia kerja dan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan keperawatan. 

Lanjut Titus, banyak persoalan yang ditemukan dalam organisasi profesi keperawatan diantaranya registrasi perawat yang harus dibuktikan dengan kepemilikan STR, ujian retaker perawat, kinerja perawat, remunerasi perawat serta pengaturan tenaga keperawatan baik di RS swasta maupun RS pemerintah.

Baca juga: Kapolres Manggarai Timur Bilang Tidak Benar Polisi Meninggal Akibat Mobil Terbalik di Walengga

Diharapkan pengurus terpilih dan program kerja yang disusun dapat merespon kebutuhan perawat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme perawat. 

Titus juga mengatakan, pelaksanaan Musda ini mengangkat tema 'Perawat Bersama Masyarakat Untuk Manggarai Timur Sejahtera, Berdaya dan Berbudaya'  sejalan dengan program unggulan pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, dimana perawat berperan aktif dalam mendukung pembangunan dalam bidang kesehatan.

"Semoga pelaksanaan Musda ini dapat menghasilkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh pengurus yang baru dan tentunya program yang akan direkomendasikan ke pengurus baru tetap berdampak pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Manggarai Timur," ujarnya. 

Menurut Titus, keberadaan organisasi PPNI Manggarai Timur tidak terlepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak. Karena itu disampaikan terima kasih kepada Bupati, Pimpinan DPRD, OPD terkait dan pihak lainya.

Baca juga: Bupati Agas Kagum, Sunset in The Sky Dampek Manggarai Timur Bisa Jadi Alternatif Dikunjungi Tamu G20

Sekretaris DPW PPNI NTT, Kori Limbong, dalam sambutanya meminta agar melalui momen Musda tersebut merancanakan program-program strategis sesuai kebutuhan anggota maupun masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved