Sikka Memilih

16 Partai Politik Tidak Lengkap Terdaftar Termasuk Partai Berkarya

Sejumlah 24 Parpol dinyatakan lengkap terdaftar di KPU Pusat dari 43 Parpol yang mengajukan akun Sipol ke KPU Pusat.

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/PAULUS KEBELEN
Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sikka, Yohanes Krisostomus Feri di ruangan kerja Senin 8 Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Sebanyak 24 partai politik (Parpol) yang dinyatakan lengkap terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan saat ini menjalani verifikasi administrasi dari 43 Parpol mengajukan akun Sipol.

Untuk urusan ini,kami hanya membantu KPU RI.Kewenangan kami terbatas,”kata Ketua KPU Kabupaten Sikka,Yohanes Krisostomus Feri, Senin pagi 29 Agustus 2022 di Maumere.

Feri menjelaskan, keseluruhan partai memiliki badan hukum yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI sebanyak 76 Parpol.  Dari jumlah tersebut, Parpol yang mengajukan akun Sipol ke KPU RI sebanyak 43 Parpol.

Dari jumlah Parpol yang mengambil akun Sipol tersebut, hanya 24 Parpol dinyatakan lengkap terdaftar tidak termasuk Partai Berkarya.

Baca juga: Wisata Flores, Keindahan Pantai Utara Sikka, Ada Dermaga Alam di Pantai Natu Reroreja Magepanda

“Betul Partai Berkarya tidak termasuk 24 Parpol yang dinyatakan berkas lengkap dan terdaftar,” kata Fery,

Feri membeberkan ke-24 Parpol lengkap terdaftar, saat ini masih satu partai baru yang baru kemarin meminta aktivasi akun Sipol. Sedangkan dua Parpol pemegang akun Sipol belum memberi konfirmasi untuk datang mendaftar yakni Partai Damai Sejahtera  Pembaruan (PDSP) dan Partai Mahasiswa Indonesia (PMI).

Parpol yang telah lengkap terdaftar dan diterima sebanyak 24 yakni PDIP, PKP, PKS, PBB,Perindo,Nasdem, PKN, Garuda, Demokrat, Gelora, Hanura, Gerindra, PKB, PSI, PAN, Golkar, PPP, Partai Buruh,  Partai Republik, Partai Ummat, Partai Prima, Partai Republik Indonesia, Partai Swara Rakyat Indonesia dan Partai Republik Satu.

Dikatakan Feri, saat ini KPU Pusat melakukan verifikasi administrasi  dokumen persyaratan Parpol dimulai Selasa, 2 Agustus 2022 sampai Minggu 11 September 2022.

Baca juga: Meski Sempat Gagal, Anggota Polres Sikka Aipda Kristoforus Nong Sun Tidak Kapok untuk Bertani

Sedangkan KPU kabupaten/kota  melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan Parpol  berlangsung sejak Selasa 16 Agustus 2022 sampai Selasa 6 September 2022.

Kemudian tindak lanjut hasil verifikasi administrasi Parpol terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat keanggotaaan berlangsung dari 19 Agustus 2022 berakhir Sabtu 3 September 2022.

Perubahan jadwal tersebut sejalan Keputusan KPU RI Nomor 309 tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Bagi KPU, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan Pendaftaran,Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPD.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved