Berita Sikka

Karutan Maumere Ikuti Sosialisasi Implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022

Selain membahas UU Nomor 22 Tahun 2022, dalam pertemuan ini juga membahas permasalahan yang dihadapi oleh UPT Pemasyarakatan di Kanwil Kemenkumham NTT

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-RUTAN MAUMERE
IKUT SOSIALISASI - Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Maumere, Antonius Semuki bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti kegiatan sosialisasi terkait implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, Jumat 16 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Icha Pareira

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Maumere, Antonius Semuki bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti kegiatan sosialisasi terkait implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, Jumat 16 September 2022.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone.

Dalam sambutannya, Marciana menyampaikan hal terpenting dari Rakernis ini adalah untuk menyamakan persepsi di jajaran pemasyarakatan khususnya dalam mengimplementasikan isi dari Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan ini, hingga dapat menyebarluaskannya, tidak hanya internal tapi kepada masyarakat.

Baca juga: Jhon Dua Kali Cek Anjing Menggonggong, Tak Sangka Temukan Jasad Bayi di Kali Mati Nangameting Sikka

 

Menurutnya, Pengesahan RUU Pemasyarakatan menjadi Undang-Undang adalah untuk mempertegas fungsi Pemasyarakatan dalam mewujudkan terlaksananya konsep Keadilan Restoratif (Restorative Justice) dan Sistem Peradilan Pidana Terpadu.

Selain membahas UU Nomor 22 Tahun 2022, dalam pertemuan ini juga membahas permasalahan yang dihadapi oleh UPT Pemasyarakatan di Kanwil Kemenkumham NTT.

Menutup sambutannya, Marciana meminta untuk agar setiap pegawai wajib memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja serta menjunjung tinggi nilai-nilai Kemenkumham yaitu BERAKHLAK dan menjadi role model dimanapun berada baik di kantor maupun di masyarakat. Kakanwil meyakini bahwa setiap pegawai Lapas Rutan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Jasad Bayi yang Ditemukan di Kali Mati Sikka Dipermandikan Sebelum Dikuburkan, Ini Namanya

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Direktur Pelayanan Tahanan, Barang Rampasan dan Barang Sitaan Negara, Budi Sarwono yang hadir sebagai narasumber dengan materi Optimalisasi Tugas dan Fungsi Layanan Pemasyarakatan Tahun 2022 Berdasarkan Prinsip-Prinsip Dasar Pemasyarakatan.

"Petugas Pemasyarakatan harus berpegang teguh pada 3+1, yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics, agar mampu menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan cepat," ujar Budi Sarwono.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved