Berita Manggarai Timur

Manggarai Timur Bentuk 18 Pusat Gugus PAUD

Rapat pusat kegiatan gugus (PKG) PAUD diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur membentuk pusat gugus PAUD.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Rapat pembentukan Pusat Kegiatan Guru (PKG) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai Timur, Rabu 21 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM,BORONG-Rapat Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Manggarai Timur di Kantor Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Dinas PPO Manggarai Timur, Rabu 21 September 2022 membentuk Pusat Kegiatan Gugus (PKG) pendidikan PAUD. 

Rapat pembentukan PKG ini dipimpin oleh Kabid PAUD dan PNF, Dinas PPO Manggarai Timur, Herman Agas dihadiri para Ketua PKG dari delapan belas PKG jenjang PAUD.

Herman Agas mengatakan, PKG dibentuk untuk mengakomodir, komunikasi dan membagi pengalaman yang berkaitan peningkatan mutu di jenjang PAUD melalui gugus dan Lembaga-Lembaga PAUD. Didalamnya kepala sekolah dan guru-guru di setiap jenjang pendidikan PAUD, Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain dan RA. 

Setiap PKG, kata Herman, langsung diberikan SK Pembentukan PKG untuk menjawabi program pusat bahwa setiap kabupaten harus dibentuk PKG. Di Manggarai Timur dibentuk 18 PKG membawai 3-8 gugus PAUD.

Baca juga: Hari Jumat, DPRD Manggarai Timur Pilih Calon Wakil Bupati

Namun topografi Manggarai Timur,keterbatasan sarana dan prasarana maka jumlahnya bervariasi. 

"Semua mereka ini harus ada PKG untuk bisa menjawabi kepentingan pelayanan mutu pendidikan anak usia dini di kabupaten ini,"ujarnya.

Dikatakannya, yang masuk dalam organisasi PKG ini minimal PAUD yang mengantongi ijin operasional dari dinas PPO. Karena fungsi PKG yang dibentuk untuk membantu mendorong PAUD yang belum mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) segera mengurus, mendorong pengurusan Dapodik bagi PAUD yang belum. 

Selain itu, PKG juga dapat merancang seluruh program. Karena  pemerintah pusat mau mengarahkan kepada pemerintah daerah harus semua lembaga pendidikan melalui perencanaan yang jelas atau yang disebut program perencanaan berbasis data (PDB) di daerah.

Baca juga: 6 Siswa SMAN 7 Borong di Manggarai Timur Juara FLS2N Provinsi NTT, Kepsek Rudolfus: Saya Bangga

Herman mengharapkan pembentukan PKG PAUD bisa membantu Dinas PPO menyebarluaskan dan membantu mendampingi program peningkatan mutu pendidikan dimulai dari PAUD.  Semua perencanaan berbasis data. 

Menurut Herman,  jumlah PAUD  yang memiliki ijin operasional 289, mengantongi SPSN 253, dan sisanya dalam proses.

Berita Manggarai lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved