Berita Manggarai Timur

27 Anggota DPRD Matim Dipastikan Memilih Calon Wakil Bupati

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Manggarai Timur hari ini melaksanakan pemilihan calon Wakil Bupati Manggarai Timur untuk mengisi kekosongan jabatan.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Suasana menjelang pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur periode 2019-2024, Jumat 23 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Sebanyak 27 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari 30 anggota DPRD di Manggarai Timur (Matim) dipastikan ikut memberikan suaranya dalam pemilihan Wakil Bupati (Cawabup) Matim,  Jumat 23 September 2022. 

Pemilihan calon Wabup  akan berlangsung di Kantor DPRD Kabupaten Manggarai Timur di Lehong, Desa Gurung Liwut, Kecamatan Borong. 

"Dari 30 anggota DPRD yang sudah dipastikan ikut memilih sebanyak 27 orang. Karena dua orang anggota DPRD sebagai kandidat Calon Wabup yakni Siprianus Habur dan Heremias Dupa tidak ikut memilih dan satu anggota DPRD lainya Evaristus Seri Suwardi dari Fraksi NasDem belum dipastikan untuk hadir untuk ikut memilih,"Jelas Ketua Panitia Pemilihan, Bernadus Nuel, kepada TRIBUNFLORES.COM, Jumat pagi. 

Wakil Ketua Panitia Pemilihan, Damu Damianus, menerangkan proses yang dilakukan oleh panitia pemilihan Wabup  mengisi sisa masa jabatan 2019-2024 telah melewati berbagai etape mulai dari pengumuman pendaftaran para calon, penetapan kedua nama calon yakni Heremias Dupa dan Siprianus Habur. Rapat paripurna DPRD pengumuman calon, pengundian nomor urut kedua calon dan hasilnya Siprianus Habur nomor urut 1 dan Heremias Dupa nomor urut 2.

Baca juga: Manggarai Timur Bentuk 18 Pusat Gugus PAUD

Pencetakan surat suara. Pencetakan surat suara ini dilakukan setelah dilakukan rapat penentuan kesepakatan bersama antara panitia dan ke dua kandidat terkait spesimen surat suara dan pemaparan visi-misi Matim SEBER dari ke dua calon wakil bupati tersebut. 

Karena itu,kata Damu, Jumat hari ini dilakukan pemilihan wakil bupati sisa jabatan 2019-2024.
Damu juga menjelaskan, secara regulasi dilakukan pemilihan kembali wakil bupati  karena jabatan wakil bupati saat ini lowong. Sesuai regulasi jika sisa masa jabatan yang ditinggalkan minimal 18 bulan ke atas. 

Jabatan Wabup sebelumnya dijabat oleh Alm Jaghur Stefanus telah meninggal dunia pada bulan Maret 2022 lalu. Karena itu dilakukan pemilihan Wabup untuk mendampingi Bupati Agas Andreas dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur di sisa jabatan tersisa. 

Sementara itu pantauan TRIBUNFLORES.COM, di lokasi pemilihan di Kantor DPRD Kabupaten Manggarai Timur di Lehong, tampak aparat keamanan dari kepolisian Polres Manggarai Timur, TNI dari Koramil 1612-04 Borong dan Sat Pol PP sudah berjaga-jaga untuk mengamankan jalannya Pemilihan.

Baca juga: Hari Jumat, DPRD Manggarai Timur Pilih Calon Wakil Bupati

Tampak juga panitia dan sejumlah anggota DPRD juga sudah hadir di lokasi. Terlihat juga kedua calon wakil bupati juga sudah tiba di lokasi saat ini. Hadir juga keluarga dan undangan lainya. 

Berita Manggarai Timur lainnya

 
 
 

 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved