Breaking News:

Berita Sikka

Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM Bawa Pesan Presiden Jokowi ke Kopdit Obor Mas

Keterlibatan Kopdit Obor Mas menyalurkan dana LPDBD-KUMKM diapresiasi oleh Ketua Badan Pengawas LPDB, Dr.Ir.Nining Sri Astuti,MA.

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/EUGENIUS MOA
Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM Kemenkop UKM RI,Dr.Ir.Nining Sri Astuti,MA menyerahkan sertifikat kompetensi kepada para manajer cabang KSP Kopdit Obor Mas disela rapat pendampingan analisa kredit UKM bagi manajer dan pengelola KSP Kopdit Obor Mas,Rabu 28 September 2022 di Hotel Go Maumere. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Terobosan KSP Kopdit Obor Mas Maumere menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementrian Koperasi dan UKM RI diharapkan  meretas angka kemiskinan ektrim yang gencar dilakukan pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM, Dr.Ir.Nining Sri Astuti, MA, dalam pembukaan rapat pendampingan analisa  kredit UMKM bagi manajer dan pengelola KSP Kopdit Obor Mas,Rabu 28 September 2022 di Hotel Go Maumere.

Nining, pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) menegaskan tekad Presiden Jokowi menurunkan kemiskinan ekstrim sampai angka nol persen pada tahun 2024 dari prosentasi angka kemiskinan ekstrim sebesar 4 persen.

“Saya bawah pesan khusus Bapak Presiden RI yang juga disampaikan  kepada Kemenkop UMKM mengatasi kemiskinan ekstrim. Koperasi bersinggung langsung dengan anggota. Tahun 2024 kemiskinan ekstrim harus menurun sampai angka nol persen,” tegas Nining.

Baca juga: Kakak Asuh Kopdit Obor Mas Maumere Dukung Persami Tampil di ETMC Lembata 

PENGURUS HADIRI RAPAT
Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Maumere menghadiri rapat pendampingan analisa kredit UMKM bagi manajer dan pengelola KSP Kopdit Obor Mas,Rabu 28 September 2022 di Hotel Go Maumere.

Ia menaruh harapan besar kepada Kopdit Obor Mas meretas angka kemiskinan ekstrim, karena koperasi dekat dengan para anggotanya, Koperasi tahu baik kondisi anggota, sehingga dana pinjaman yang disalurkan dapat meretas kemiskinan ekstrim.

Nining berjanji memberi support kepada Kopdit Obor Mas, karena penyaluran kredit diberikan oleh koperasi berbeda dengan kredit yang dberikan oleh bank. Karena anggota koperasi adalah juga pemilik koperasi dan setiap tahun berhak mendapatkan sisa hasil usaha.

“Di sinilah dibutuhkan analisis kredit yang lebih mendalam,” tegas Nining.

Kakak kandung Menteri Keuangan Sri Mulayani membidangi ekonomi mikro mengapresiasi Kopdit Obor Mas yang berperan aktif menyalurkan dana LPDB KUMKM. Kemitraan itu diakui Nining telah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Graha Kopdit Obor Mas Tujuh Lantai Dibangun di Jalan Ahmad Yani Maumere

Tak hanya menyalurkan dana LPDB kepada anggota, demikian Nining, Kopdit Obor Mas secara intensif melakukan pendampingan kepada anggota UKM.

Nining mengaku telah lama mendengar nama Kopdit Obor Mas salah satu Kopdit Terbaik di Indonesia. Keberadaan di wilayah Indonesia Timur, kata Nining, bisa berperan lebih aktif mengatasi kemiskinan ekstrim ini.

“Kopdit Obor Mas merupakan salah satu koperasi modern. Hampir semua aspek kegiatan Kopdit menerapkan informasi teknologi (IT) dan pelayanan berbasis aplikasi,”imbuh Nining.

Tata kelola Kopdit Obor Mas, demikian Nining dilakukan secara profesional yang berbasis IT, go digital dan go online. Karena itu, Nining menggarasbawahi pelibatan kelompok milenial di dalam kepengurusan Kopdit Obor Mas.

Baca juga: Sukseskan Sinode Keuskupan Maumere, Kopdit Obor Mas Serahkan Dana Solidaritas Rp 50 Juta

“Ini kesempatan melahirkan pengusaha milenial. Pendekatannya harus dilakukan secara berbeda, karena perilaku mereka lain dengan kita,” kata Nining.

Ia mengatakan, Kopdit Obor Mas merupakan mitra yang baik bagi LPDB. Karena itu LPDB bukan hanya menyalurkan dana kepada koperasi, tetapi juga pelatihan dan pendampingan agar manfaat  dana LPDB dirasakan berlipat ganda.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved