Berita Manggarai Timur

Diare di Pesta Sambut Baru di Manggarai Timur, Total 63 Orang Dirawat

Sejumlah 63 orang menderita diare usai merayakan pesta sambut baru di Desa Compang Deru Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/HO-DINKES MATIM
RAWAT- Para korban sendang dirawat di Puskesmas di Manggarai Timur, Senin 31 Oktober 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Korban diare  mengikuti pesta sambut baru di  Desa Compang Deru, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur dirawat Inap di Puskesmas bertambah menjadi 63 orang. 

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Timur, dr Surip Tintin, kepada TRIBUNFLORES.COM, Rabu 2 November 2022, mengatakan, sampai dengan Selasa 1 November 2022 pukul 21.00 Wita total yang dirawat di Puskesmas Benteng Jawa  49 orang tidak  termasuk seorang yang meninggal dunia. Sedangkan di Puskesmas lain belum ada penambahan pasien yakni Puskesmas Mano 6 orang, Puskesmas Weleng 5 orang dan Puskesmas Bea Muring sebanyak 3 orang. 

Tintin juga mengatakan, sedangkan korban rawat jalan berjumlah 31 orang dan sedang dalam observasi Puskesmas Benteng Jawa.  Kondisi para pasien stabil, tidak ada yang kritis, sambil menunggu evaluasi klinis dokter. 

Dikatakannya, dikarenakan pasien berasal dari satu kegiatan yang sama yaitu pesta sambut baru, maka dugaan sementara  para korban yang mengalami diare akibat kontaminasi makanan/air.

Baca juga: MA Kabulkan Gugatan Izin Tambang Batu Gamping Warga Satar Punda Manggarai Timur

"identifikasi penyebab telah dilakukan penyelidikan epidemiologi dan untuk saat ini dugaan semenntara disebabkan oleh kontaminasi makanan. Maka sudah dilakukan pengamanan sampel untuk diperiksa di Laboratorium Kesehatan (Labkes) agar dapat mengetahui penyebab sebenarnya," kata Tintin. 

Namun  saat ini belum diketahui hasilnya, karena sampel dikirim ke kupang guna dilakukan pemeriksaan di laboratorium kesehatan.   Langkah selanjutnya untuk memastikan pencegahan, maka pihaknya mengintruksikan kepada tenaga Kesling untuk memastikan kualitas sumber air yang digunakan di seputar lokasi kejadian, mana kala ada cemaran makanan segera dilakukan kaporisasi. 

Untuk penanganan pasien langkah-langkahnya sebagai upaya pendekatan pelayanan emergency yang tepat, maka tenaga surveilance Puskesmas turun ke rumah-rumah pasien untuk memastikan peserta kegiatan tersebut yang mengalami gejala yang sama. Manakala didapatkan pasien dengan keluhan/gejala yang sama, maka segera dirujuk ke Puskesmas. 

Dikatakannya Dinkes telah mengirim tambahan 1 unit ambulance, obat-obatan dan sarana penunjang seperti spon dan peralatan penunjang lain yang dibutuhkan di Puskesmas Benteng Jawa. Sedangkan 3 Puskesmas lain yang juga merawat pasien lain terpantau dalam keadaan stabil.

Berita Manggarai Timur lainnya
 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved