Beritas Ende

TIMPORA Operasi Gabungan di Sokoria Ende

Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Ende dalam rangka pengawasan kegiatan dan dokumen Warga Negara Asing (WNA) di Ende.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-IMIGRASI MAUMERE
OPERASI GABUNGAN DI ENDE-Operasi Gabungan TIMPORA di Sokoria, Ende, Kamis, 17 November 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kantor Wilayah Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone melaksanakan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Ende dalam rangka pengawasan kegiatan dan dokumen Warga Negara Asing (WNA) di wilayah Sokoria, Kabupaten Ende, Kamis, 7 November 2022.

Operasi Gabungan dilakukan oleh Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) beranggotakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ende, Kodim 1602 Ende, Polres Ende, Kejaksaan Negeri Ende, Kementerian Agama Kabupaten Ende, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Ende, Pos TNI AL, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Binda di wilayah Kabupaten Ende.

Operasi Gabungan ini diawali dengan taklimat di Kantor Kesbangpol Kabupaten Ende untuk saling memberikan informasi awal dan perencanaan operasi gabungan.

Operasi ini berlangsung di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sokoria, Kabupaten Ende. Di mana terdapat dua Tenaga Kerja Asing yang berkerja di lokasi PLTP tersebut.

 

 

Baca juga: Imigrasi Maumere Masuk Ende dan Sosialisasi Program Papa Raja dan Paspor

Di lokasi itu, dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan aktivitas WNA tersebut sesuai dengan bidang masing-masing. Tidak ditemukan pelanggaran baik administrasi maupun lainnya.

Kehadiran orang maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pertumbuhan/perkembangan ekonomi di wilayah Kabupaten Ende namun tetap perlu diawasi.

Sebagai bentuk penegakan kedaulatan negara, kehadiran TIMPORA ditujukan untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional, khususnya wilayah Kabupaten Ende dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara serta keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.(ris)

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved