Berita NTT

Bermodalkan Tali Nilon, Warga NTT Berhasil Tangkap Buaya 4,9 Meter

Warga Desa Soliu Kecamatan Amfoang Barat Laut berhasil menangkap seekor buaya muara dengan panjang sekitar 4,9 meter lantaran meresahkan warga.

Editor: Gordy Donovan
POS-KUPANG.COM
TANGKAP BUAYA - Warga Desa Soliu Kecamatan Amfoang Barat Laut berhasil menangkap seekor buaya muara dengan panjang sekitar 4,9 meter lantaran meresahkan warga karena memangsa ternak mereka. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

TRIBUNFLORES.COM, OELAMASI - Warga Desa Soliu Kecamatan Amfoang Barat Laut berhasil menangkap seekor buaya muara dengan panjang sekitar 4,9 meter lantaran meresahkan warga karena memangsa ternak mereka.

Kejadian itu terjadi pada Selasa 20 Desember 2022 di Dusun III Desa Soliu Kecamatan Amfoang Barat Laut Kabupaten Kupang.

Kepala Desa Soliu Markus Akulas yang dikongirmasi mengungkapkan dengan ditangkapnya satu buaya muara ini maka total sudah empat ekor buaya yang ditangkap oleh warga di sekitar wilayah mereka.

Menurutnya minggu lalu buaya tersebut memakan satu ekor babi milik warga setempat dan yang tadi juga sempat memakan satu ekor sapi sehingga warga saling mengajak untuk membuat jerat.

Baca juga: Bernadus Kaget dan Panik saat Lihat 3 Mayat Terapung di Bolok, Dikira Buaya

 

Ia menjelaskan pemangkapan oleh warga  bermodalkan tali nilon dan membuat umpan dengan menggunakan hati sapi yang dimangsa buata dan ternyata kata dia sangat membuat buaya terpancing hingga akhirnya berhasil ditangkap warga.

Sehabis ditangkap warga langsung mengikat dan meminta bantuan warga lain untuk mengevakuasi dekat perumahan warga.

"Mungkin itu buaya lapar karena tidak sampai 15 menit dia langsung sambar itu umpan dan warga langsung menjerat keluar," katanya.

Warga setempat, kata Markus, memohon bantuan alat penangkapan kepada dinas terkait karena mereka selama menangkap buaya hanya bermodalkan tali nilon. Selain itu, ia sudah menghimbau kepada warga setempat agar berhati-hati melintasi muara karena kejadian sekitar 3 tahun lalu itu sempat memakan anak kecil hingga meninggal dunia.

"Tadi warga sampaikan agar dinas terkait fasilitasi alat penangkapan karena sudah empat kali tangkap buaya hanya modal tali nilon. Saya juga sudah himbau warga setempat agak berhati-hati karena sudah pernah ada korban jiwa," pungkasnya.

Baca juga: Buaya Terkam Pria 60 Tahun saat Pasang Pukat Ikan di Sungai

Dari laporan Polsek Amfoang Utara melalui Kapospol Amfoang Barat Laut AIPDA Johanis Gereths Lerrick bersama Bhabinkamtibmas Brigpol Elia Letde, warga Soliu berhasil menangkap buaya muara tersebut.

Polisi melaporkan kejadian penangkapan itu bermula sekitar Pukul 08.00 Wita salah satu warga Roland Tiknaes melihat Buaya tersebut sementara memangsa seokor sapi milik warga Dusun III dimuara kali Naus.

Roland pun datang memberitahukan kejadian tersebut kepada warga yang lain sehingga mereka pergi untuk memasang jerat mulut dengan umpan daging sapi yang telah dimangsanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved