Berita Manggarai Barat

Tarif Masuk Taman Nasional Komodo Batal Naik, Wisatawan Ramai-ramai Boking Tiket ke Labuan Bajo

Ignasius Suradin mengatakan, sudah ada wisatawan yang meminta update harga paket trip dan booking rencana kunjungan ke Labuan Bajo tahun 2023.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUN FLORES.COM/BERTO KALU
Pemandangan Kota Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores dari kawasan Puncak Waringin, Desember 2022. Ada wisatawan yang selama ini masih berstatus booking karena masih menunggu kepastian tarif ke TN Komodo, kini memutuskan mengunjungi Labuan Bajo 2023. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO - Wisatawan ramai-ramai booking tiket ke Labuan Bajo pasca pembatalan tarif Rp 3,7 Juta ke Taman Nasional Komodo atau TNK di Manggarai Barat

Wisatawan langsung membuat rencana untuk berlibur ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, NTT pada tahun 2023 pasca mendapat kabar pembatalan rencana kenaikan tarif masuk Rp 3,75 Juta ke Taman Nasional Komodo atau TNK.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia atau Astindo Manggarai Barat, Ignasius Suradin mengatakan, sudah ada wisatawan yang meminta update harga paket trip dan booking rencana kunjungan ke Labuan Bajo.

Ada wisatawan yang selama ini masih berstatus booking karena masih menunggu kepastian tarif ke TN Komodo, kini memutuskan mengunjungi Labuan Bajo tahun depan.

Baca juga: Pusdokkes Polri Butuh Waktu 1 Minggu Periksa Potongan Jari yang Ditemukan dalam Sayur Lodeh di NTT

 

"Sudah cukup banyak permintaan masuk. Kan ada beberapa partner kami dari Eropa, dan begitu kami kirimkan link berita pembatalan tarif ke TN Komodo, mereka langsung meminta update harga dan program trip untuk Labuan Bajo dan Flores," ungkapnya, Selasa 20 Desember 2022.

Tak hanya minta update harga, wisatawan lainnya langsung booking untuk rencana kunjungan ke Labuan Bajo. Selama ini wisatawan dalam posisi wait and see karena tak ada kepastian harga paket wisata ke Labuan Bajo.

"Sudah ada yang booking. Ada juga yang mulai minta update paket trip," ujar Ignas.

Ia mengatakan, pembatalan tarif ke TN Komodo menjadi kabar baik yang memberi kepastian dan harapan untuk wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo. Dengan banyaknya permintaan paket wisata usai pembatalan tarif itu, Ignas optimis Labuan Bajo akan ramai dikunjungi wisatawan tahun depan.

"TN Komodo adalah aset negara dan masyarakat, jangan sampai dikuasai oleh oknum atau kelompok tertentu. Kami optimis kunjungan wisatawan ke depan makin banyak. Sudah cukup banyak permintaan masuk," kata Ignas.

Baca juga: Bermodalkan Tali Nilon, Warga NTT Berhasil Tangkap Buaya 4,9 Meter

Terpisah, Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng menyatakan jaminan kenyamanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo terkhusus selama momen liburan Natal dan Tahun Baru.

Koordinasi bersama TNI Polri pun dilakukan untuk memberi jaminan keamanan bagi wisatawan. Labuan Bajo juga dipersiapkan menjadi tempat yang bersih untuk dikunjungi selama liburan.

"Labuan Bajo aman, kamtibmas aman, masyarakat siap menyambut wisatawan ke Labuan Bajo," ucap Yulianus dalam acara The Weekly Brief yang diikuti secara daring dari Labuan Bajo, Senin 19 Desember 2022.

Berita Manggarai Barat lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved