Pele Legenda Sepak Bola Meninggal Dunia

FIFA Minta Setiap Negara Punya Stadion dengan Nama Pele, Kapan Pele Bermain di Indonesia?

FIFA telah meminta setiap negara anggota FIFA, menamai salah stadion setempat dengan nama Pele. Apakah Pele pernah bermain di Indonesia, tahun berapa.

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Laus Markus Goti
SEKERTARIAT PRESIDEN
SAMBUT PRESIDEN FIFA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut langsung kunjungan kehormatan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Giovani Vicenzo Infantino atau Gianni Infantino, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Presiden FIFA tiba sekitar pukul 12.00 WIB dan langsung bersalaman dengan Presiden Jokowi begitu tiba di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. 

TRIBUNFLORES.COM, BOLA - Sebagai penghargaan untuk Pele, legenda sepak bola yang telah meninggal dunia, FIFA meminta setiap negara anggota FIFA, menamai salah stadion setempat dengan nama Pele.

Hal ini disampaikan langsung oleh presiden FIFA, Gianni Infantino, di sela - sela kesibukannya menghadiri upacara pemakaman Pele yang jenazahnya disemayamkan di Stadion Santos, Brasil, Senin 2 Januari 2022.

"Kami juga akan meminta setiap negara di dunia untuk menamai salah satu stadion sepak bola mereka dengan nama Pele," kata Gianni Infantino, kepada awak media sebagaimana dikutip dari The Sun.

Pele hari itu juga dimakamkan secara vertikal di Memorial Necrople Ecumenica. Legenda sepak bola yang meninggal dunia pada usia 82 tahun itu, dimakamkan secara vertikal.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Al Nassr - Al Hilal vs PSG, Ronaldo Telah Resmi Diperkenalkan di Mrsool Park

 

Sebelum dimakamkan, jenazahnya diarak di seputaran Santos, juga melewati rumah ibunya, Celeste, yang masih hidup di usia 100 tahun. Lalu disemayamkan di Stadion Santos, dimakamkan di Memorial Necrople Ecumenica.

Sebelumnya, pemenang Piala Dunia tiga kali berturut-turut bersama Timnas Brasil itu meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Brasil, tanah airnya, pada Jumat dini hari, 30 Desember 2022.

Pernyataan presiden FIFA, terkait menamai stadion dengan nama Pele, apakah akan terwujud? Kita tunggu.

Pele memang pesepakbola yang sangat dikenal dimana - mana, termasuk di hampir seluruh pelosok Indonesia. Bintang Santos itu, pernah bermain di Indonesia pada tahun 1972.

Mengutip Kompas, Pele bersama Santos bermain melawan Timnas Indonesia (PSSI) di Stadion Utama Senayan (sekarang Stadion Utama Gelora Bung Karno) tepatnya pada Rabu 21 Juni 1972.

Saat itu, Pele yang memperkuat tim Santos melakoni pertandingan melawan tim nasional Indonesia yang diisi pemain seperti Iswadi Idris hingga Ronny Pasla.

Baca juga: Kamar Tidur Messi di Qatar Dijadikan Museum Kilas Balik Argentina Juara Piala Dunia 2022

 

Banyak media, bahkan mungkin semua, di pelosok dunia, memberitakan Pele, legenda sepak bola Brasil yang telah menghembuskan nafas terakhir, Jumat dini hari 30 Desember 2022.

Hal itu tidak lepas dari nama besarnya sebagai seorang pesepakbola. Pele menginspirasi, tidak hanya kepiawaiannya memainkan si kulit bundar tetapi juga bagaimana Pele melawati jalan terjal dalam hidupnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved