Berita Kota Kupang

Kenakan Kain Tenun Adat Khas Manggarai, Badan Pengurus HMPM Kupang Dilantik

Tema yang diusung dalam kegiatan yaitu melanjutkan estafet kepemimpinan HMPM Kupang  yang solid dan berkualitas.

Penulis: Gordy Donovan | Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-ARSEN TARUNG
LANTIK - Badan Pengurus HMPM Kupang pose bersama usai dilantik. BP tampak mengenakan kain tenun khas adat Manggarai di Penginapan Wilma 2 Penfui Kupang, Rabu 19 Januari 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Himpunan Mahasiswa Peternakan Manggarai (HMPM) Kupang melaksanakan pelantikan Badan Pengurus (BP) periode 2021/2022.

Badan pengurus dilantik oleh, pembina HMPM Kupang, Venan Jeharu, bertempat di Aula Penginapan Wilma 2 Penfui Kupang, Rabu 19 Januari 2022.

Tema yang diusung dalam kegiatan yaitu melanjutkan estafet kepemimpinan HMPM Kupang  yang solid dan berkualitas.

Ada yang menarik dan kegiatan ini. Anggota badan pengurus yang dilantik tampak mengenakan sarung adat khas Manggarai, Songke. Rupanya ini merupakan simbol menjaga budaya agar tak punah.

Baca juga: Gabriel Raring Gugat DPP PDI Perjuangan Gegara Dipecat Karena Kasus “Kamar Mandi”

 

Diketahui, Songke adalah tenun khas masyarakat Manggarai yang berdiam di sisi barat Pulau Flores. Kain tenun ini wajib dikenakan saat acara-acara adat. Antara lain saat kenduri (penti), membuka ladang (randang), hingga saat musyawarah (Nempung). Selain itu biasa digunakan saat acara-acara penting lainnya.

Ketua panitia, Tatik Dodo, menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Himpunan Mahasiswa Peternakan Manggarai Kupang.

Badan Pengurus HMPM Kupang pose bersama
POSE BERSAMA - Badan Pengurus HMPM Kupang pose bersama usai dilantik. BP tampak mengenakan kain tenun khas adat Manggarai di Penginapan Wilma 2 Penfui Kupang, Rabu 19 Januari 2022.

Kata Tatik, wadah HMPM Kupang merupakan sebuah organisasi basic yang berdiri dengan tujuan untuk merangkul semua mahasiswa yang ada di Kota Kupang khususnya yang sedang kuliah di Fakultas Peternakan.

“Selain mempererat tali persaudaraan, HMPM Kupang merupakan sebuah organisasi basic yang begitu banyak  melakukan kegiatan ilmiah,’’ujar Tatik.

Tatik menyebutkan saat ini ada badan pengurus HMPM masih berada di Manggarai dan yang hadir ikut pelantikan mala ini hanya 25 orang saja.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved