Berita Lembata

Bupati Lembata Tetapkan 12 Desa dan Tiga Kampung Wisata

Bupati Lembata telah menetapkan 12 desa dan tiga kampung wisata berdasarkan SK Nomor 1.191 tahun 2021.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/RICKO WAWO
Warga menikmati fasilitas banana boat di Pantai Hadakewa, Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Ricko Wawo

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA-Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday menerbitkan surat keputusan (SK) Bupati Lembata Nomor 1. 191 Tahun 2021 tentang desa wisata dan kampung wisata di Kabupaten Lembata. Pemerintah daerah akan melakukan sosialisasi mengenai SK desa dan kampung wisata ini sejak tanggal 5 Maret 2022 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Antonius Lianurat, menjelaskan sebelum penetapan SK tersebut pihaknya telah melakukan pemetaan calon desa wisata bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali. Awalnya terdapat 26 calon desa wisata. Setelah pemetaan pemerintah pun menetapkan 12 desa wisata di Lembata.

"Yang lain kita terus genjot," kata Antonius saat ditemui di Hotel Palm, Lewoleba, Selasa, 25 Januari 2022.

Dia menjelaskan penetapan desa wisata melalui SK Bupati Lembata ini bertujuan untuk membuka kemudahan akses kepada APBN melalui Kementerian Desa dan Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Komunitas Kreatif di Lembata Berprestasi Internasional Dipandang Sebelah Mata

"Pak bupati sudah presentasi di kementerian. Semua desa sudah kita masukan ke dalam sistem desa wisata di Indonesia," ungkapnya.

Desa wisata meliputi Desa Leuwayan, Pasir Putih, Tewaowutung, Lolong, Hadakewa, Bour, Dikesare, Balurebong, Balauring, Wulandoni, Riangbao, Dulir (Kampung Lamanunang).

Kawasan Kampung Wisata meliputi Kawasan Kampung Wisata Lamalera dan sekitarnya, Kawasan Kampung Wisata Boto dan sekitarnya, Kawasan Kampung Wisata Watuwawer dan sekitarnya.

Berita Lembata lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved