Berita Ngada

Anggota DPRD Ngada, Bosko Ponong Hadiri Musrembangdes Benteng Tawa I Tahun 2022

Plt. Camat Riung barat Longginus Nadeng menandaskan bahwa, dirinya menyampaikan apresias yang tinggi terhadap jalannya roda pemerintah.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
MUSREMBANGDES - Anggota DPRD Ngada, Yohanes Donbosko Ponong saat memberikan sambutannya dalam kegiatan musrenbangdes di Kantor Desa Benteng Tawa I, Selasa 8 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, BAJAWA - Pemerintahan Desa (Pemdes) Benteng Tawa I, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes) tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan pada hari, Selasa 8 Februari 2022 bertempat di kantor Kepala Desa Benteng Tawa I.

Tampak hadir dalam kegiatan musrenbangdes ini, anggota DPRD Ngada Dapil Ngada IV Yohanes Donbosko Ponong, Pelaksana Tugas (PLT) Camat Riung Barat Longginus Nadeng, Fasilitator ADD Agustinus Lando, Kepala Desa Benteng Tawa I Yosep Panas bersama segenap perangkat desa, Ketua BPD Hubertus Lodo bersama anggota, para kepala dusun, ketua RT, bapak ibu guru, para kader posyandu, tenaga kesehatan, dan tokoh masyarakat se-wilayah Desa Benteng Tawa I.

Ketua BPD Benteng Tawa I Hubertus Lodo yang bertindak sebagai pimpinan rapat dalam arahan awalnya menyampaikan, musrenbangdes tidak hanya dimaknai sebagai rutinitas belaka, tetapi semua pemangku kepentingan dilibatkan agar bisa memberikan kontribusi pemikiran dalam membangun Desa Benteng Tawa I selama tahun anggaran 2022 ini.

Lebih dari itu, menurut ketua BPD yang akrab disapa Huber ini mengatakan, bahwa dalam musrenbangdes Benteng Tawa I tahun 2022 merupakan kesempatan yang sangat tampan dan strategis karena dihadiri langsung oleh anggota DPRD Ngada Bosko Ponong, karena beliau merupakan Pimpinan Komisi I DPRD Ngada yang membidangi hukum dan pemerintahan termasuk pemerintahan desa.

Baca juga: Pesona Poco Roko di Manggarai, Tawarkan Keindahan Alam Menakjubkan

 

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran yang terhormat bapak Bosko Ponong anggota DPRD Ngada dari dapil kita. Beliau juga adalah salah satu pimpinan komisi I yang membidangi hukum dan pemerintahan termasuk pemerintahan desa. Sekiranya sebentar beliau bisa menyampaikan informasi seputar dinamika pemerintahan dan pembangunan kabupaten Ngada agar memperkaya kita dalam forum musyawarah ini, guna menyeleraskan pembangunan tingkat kabupaten Ngada dengan desa," imbuhnya.

Ketua BPD yang sudah menjabat anggota BPD Benteng Tawa I selama dua periode ini mengatakan, musrenbangdes Desa Benteng Tawa I pada tahun anggaran 2022 ini memiliki kekhususan karena forum diminta untuk bisa mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Desa (RPJMDes) 2016-2022, terhadap rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) untuk tahun anggaran 2022 sekaligus tahun berakhirnya jabatan kepala desa Benteng Tawa I yaitu pada 16 Desember 2022 ini.

"Selain ada program dan kegiatan kabupaten yang dititipkan melalui dana desa, tetapi forum ini juga kita diminta untuk tetal konsisten dengan daftar rencana kerja pemerintah desa sebagaimana yang telah termuat dalam dokumen RPJMDes. Apalagi perencanaan tahun 2022 ini merupakan perencaan akhir dari umur perencanaan dan waktu menjabat Kades Benteng Tawa I Bapak Jose," terangnya mengintakan forum agar tetap konsisten dengan RPJMDes sebagai dokumen induk perencanaan.

Baca juga: Tim Jatanras Polres Manggarai Barat Amankan 2 Motor Curian di Bima Nusa Tenggara Barat

Semantara itu, Kepala Desa Benteng Tawa I Yosep Panas dalam arahannya menyampaikan bahwa, pokok-pokok perencanaan pembangunan Desa Benteng Tawa I tahun anggaran 2022, masih berpijak pada dokumen RPJMDes sebagai dokumen induk perencanaan di tingkat desa. Menurut Jose demikian Kades visioner ini biasa disapa, musrenbangdes dilaksanakan setelah pihaknya bersama BPD melewati tahapan pramusyawarah perencanaan pembangunan desa (pramusrenbangdes).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved