Berita Flores Timur

Mengenal Karang Taruna Desa Pepageka Adonara, Lestarikan Budaya Lewat Sanggar Seni

Ia mengatakan, selain tari Lebe, beberapa tarian adat yang terus dikembangkan yakni, dolo, beku, hedung, soka dan lili.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ KARANG TARUNA PEPAGEKA
LESTARIKAN BUDAYA - Sanggar karang taruna Nuba Telo Desa Pepageka, Kecamatan Kelubagolit, Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur, Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM, ADONARA - Generasi muda seperti kader pengurus karang taruna dituntut aktif berkreativitas melestarikan budaya.

Karang taruna mesti jadi bagian pemerintah desa dengan memberikan kontribusi dalam pembangunan di desa.

Karang Taruna juga harus adaptif, kreatif, inovatif, konektif, partisipatif dan kontributif untuk menjawab tantangan perubahan dan terus berperan terhadap penguatan kemandirian ekonomi generasi muda.

Seperti yang dilakukan Karang Taruna Desa Pepageka, Kecamatan Kelubagolit, Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim). Di bawah asuhan, Anton Bisa dan Yano Tupen, karang taruna ini fokus melestarikan warisan budaya melalui sanggar seni.

Baca juga: Menghalau Sial dan Penyakit, Kampung Lewolein Lembata Hening Tanpa Penerangan

 

Melalui sanggar seni Nuba Telo, kaum muda ini terus berkreativitas dengan mengangkat kembali tarian-tarian budaya Adonara yang nyaris hilang ditelan perkembangan zaman. Salah satunya adalah tarian Lebe.

Tarian Lebe merupakan tarian yang biasa dipentaskan saat ada tamu kehormatan yang datang dan biasanya disandingkan dengan tarian Hedung.

"Tarian Lebe hampir punah ditelan jaman. Generasi muda saat ini hampir sudah tidak mengenal jenis tarian ini. Saat moment festival budaya Lamaholot, yang pernah digelar di Desa Pepak Geka, kami sengaja pentaskan pentaskan tarian ini sebagai sarana pelestarian warisan budaya," ungkap pengasuh sanggar seni Nuba Telo, Anton Bisa.

Ia mengatakan, selain tari Lebe, beberapa tarian adat yang terus dikembangkan yakni, dolo, beku, hedung, soka dan lili.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved