AIWW di Labuan Bajo

Wapres RI Ma'ruf Amin Harap AIWW Ada Terobosan Atasi Persoalan Air Bersih di Asia Pasifik

"Saya berharap dari Asia International Water Week ke-2 ini dapat menghasilkan terobosan untuk mengatasi permasalahan air di kawasan kita," katanya.

Editor: Gordy
TRIBUNFLORES.COM/HO-KEMENTERIAN PUPR
SAMBUTAN - Wakil Presiden (wapres) RI, Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pembukaan AIWW Ke-2 di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin 14 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO - Wakil Presiden (wapres) RI, Ma'ruf Amin berharap Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 dapat melahirkan solusi untuk mengatasi permasalahan air di kawasan Asia Pasifik, Senin 14 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pembukaan AIWW Ke-2 di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

"Saya berharap dari Asia International Water Week ke-2 ini dapat menghasilkan terobosan untuk mengatasi permasalahan air di kawasan kita," katanya.

Baca juga: Pelajar SMK di Ngada Diduga Dianiaya Pemilik Bengkel, Guru: Itu Bagian Pembinaan

 

Dalam kesempatan itu, Wapres menjelaskan diantara sekian banyak pembahasan terkait air, Wapres menggaris bawahi salah satu isu yang mengemuka dan membutuhkan perhatian di tingkat internasional yaitu ketersediaan air bersih.

Menurutnya, rendahnya akses terhadap infrastruktur dasar yang meliputi air bersih, sanitasi dan air bersih berkorelasi pada penanganan 3 masalah yang saat ini menjadi fokus kerja pemerintah Indonesia.

Ketiga masalah itu, rinci Wapres, yakni pertama penghapusan kemiskinan ekstrem, kedua, pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan ketiga penurunan angka stunting.

"Ketiadaan air bersih di suatu wilayah menandai kemiskinan dan ketimpangan, wilayah-wilayah kemiskinan ekstrem umumnya akses terhadap air bersih sangat rendah. Dari 35 kabupaten dengan kemiskinan ekstrem, pada 2021 seluruhnya ditandai dengan fakta adanya penduduk yang tidak memiliki akses air minum yang layak angkanya berkisar antara 4.48 persen sampai dengan 98.21 persen," jelasnya.

Baca juga: Inspirasi Lintas Budaya Hari Ini, Kamu Semua Adalah Saudara

Lebit lanjut, akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak juga menjadi faktor kunci kualitas kesehatan seseorang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved