Berita Maumere

Kisah Perempuan Sikka, Hidupi Keluarga dari Tenun Ikat

Usahanya sebagai pengrajin tenun ikat sudah ia geluti selama beberapa tahun, dan itu sudah menjadi pekerjaan pokoknya.

Editor: Gordy
TRIBUNFLORES.COM/EWALDUS GELI
TRIBUNFLORES.COM/HO-EWALD TENUN IKAT - Seorang pengrajin tenun, nampak sedang mengikat benang di depan rumahnya di Desa Nelle Lorang, Kecamatan Nelle Lorang, Kabupaten Sikka, Kamis 17 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Seorang perempuan nampak begitu serius, mengerjakan tenunannya yang baru dalam tahap proses pengikatan benang di depan teras rumahnya.

Perempuan yang memiliki nama lengkap, Gerarda Guilberta, tinggal di Desa Nele Lorang, Kecamatan Nele Lorang, Kabupaten Sikka.

Ia berprofesi sebagai pengrajin tenun ikat tradisional motif Maumere, Kabupaten Sikka.

Usahanya sebagai pengrajin tenun ikat sudah ia geluti selama beberapa tahun, dan itu sudah menjadi pekerjaan pokoknya.

Baca juga: Isu Lingkungan dan Perubahan Iklim Harus Jadi Prioritas Anggaran Pemda Lembata

 

"Saya seorang pengrajin tenun ikat, ini mata pencaharian saya. Saya sudah menenun kain tradisional sejak dulu saya masih muda," ungkap Gerarda Guilberta saat ditemui TribunFlores.com, Kamis 17 Maret 2022.

Saat ditemui, nampak ia sementara mengerjakan tenunannya tersebut secara alami menggunakan tangannya sendiri, berbekalkan benang dan alat tenun yang terbuat dari kayu.

Perempuan yang memiliki 3 orang anak ini mengungkapkan meskipun menggunakan alat seadanya dalam bekerja ia tidak patah semangat sebab itu merupakan mata pencahariannya dan untuk kebutuhan hidup keluarga serta biaya pendidikan bagi anak-anaknya.

"Saya hanya gunakan alat seadanya, hanya tetap kerja, dan tidak putus asa karena ini sudah menjadi mata pencaharian saya dalam keluarga, juga untuk kebutuhan makan dan minum dalam rumah dan juga terkhusus bantu anak-anak untuk sekolah," ujar Gerarda.

Baca juga: Inspirasi Lintas Budaya Hari Ini, Berbahagialah Orang Beriman yang Tidak Melupakan Allah dalam Hidup

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved